Polda Sumbar siap turunkan personel bantu temukan napi kabur dari Rutan Muara Labuh

id Polda Sumbar,napi kabur,rutan muaralabuh,kanwil kemenkumham sumbar

Polda Sumbar siap turunkan personel bantu temukan napi kabur dari Rutan Muara Labuh

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto saat bertemu Kanwil Kemenlumham Sumbar Andika Dwi Prasetya (ANTARA/ HO-Polda Sumbar)

Padang, (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat akan menurunkan personel untuk membantu Kanwil Kemenkumham Sumbar menemukan narapidana kabur dari Rutan Muara Labuh Solok Selatan beberapa waktu lalu.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto di Padang, Selasa, menyatakan kesiapannya membantu Kanwil Kemenkumham Sumbar dalam mencari napi yang kabur dari Rutan.

"Kita akan bantu dalam pelacakan dan penangkapan napi itu kembali," kata dia.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumbar Andika Dwi Prasetya berharap dukungan dari Kapolda Sumbar berserta jajarannya, dengan dilakukan koordinasi terkait optimalisasi Patroli Sambang oleh pihak Kepolisian ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan Sumatera Barat jelang Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Semoga pimpinan Polda Sumbar beserta jajaran dapat membantu untuk melakukan pelacakan, pencarian dan penangkapan kembali narapidana," katanya.

Ia mengatakan saat ini Satuan Tugas Operasi Patroli Kepatuhan Internal (Satops Patnal) yang tengah melakukan pencarian terhadap napi yang kabur tersebut.

Sementara itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Padang Era Wiharto mengatakan dengan adanya koordinasi ini, ke depan dapat membawa dampak positif bagi Lapas Padang.

Dirirnya berharap koordinasi merupakan salah satu langkah dalam antisipasi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban dalam Lapas.

"Lapas Padang sebagai Lapas yang berada di ibukota propinsi dengan isi lebih kurang 900 orang warga binaan dan tentu rawan akan ancaman terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban," kata dia.