Memaknai Hari Pendidikan Nasional, Masjid Darul Huda Perumdan Punggai beri santunan dan buka puasa bersama anak yatim

id berita padang,berita sumbar,masjid

Memaknai Hari Pendidikan Nasional, Masjid Darul Huda Perumdan Punggai beri santunan dan buka puasa bersama anak yatim

Kepala Dinas Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Kota Padang, Editiawarman menyampaiksan sambutan pada buka bersama di Masjid Darul Huda Padang. (Antarasumbar/HO-Masjid Darul Huda)

Masing-masing anak mendapatkan Rp400 ribu untuk anak internal masjid dan Rp250 ribu untuk anak eksternal masjid,
Padang (ANTARA) - Pengurus Masjid Darul Huda Perumdam-Punggai, Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo Padang memberikan santunan dan berbuka puasa bersama anak yatim.

Ketua Umum Masjid Darul Huda, Prajarso melalui siaran pers yang diterima di Padang, Senin, menyampaikan berbuka bersama anak yatim dan keluarga merupakan agenda tahunan dalam bulan Ramadhan.

Ini adalah ikhtiar menjamin hak-hak anak yatim-piatu di Masjid Darul Huda. Pada tahun ini kami menjadi momentum hari pendidikan nasional sebagai waktu pelaksanaan kegiatan, kata dia.

Masjid Darul Huda memberikan santunan sebanyak tiga kali dalam satu tahun, 2 kali diberikan pada awal semester pendidikan dengan jumlah dana disesuaikan tingkat pendidikan anak mulai dari TK, SD, SMP, SMA dan satu kali dalam bulan Ramadhan sebagai THR.

Turut hadir, Kepala Dinas P3AP2KB Kota Padang, Editiawaran yang juga diminta untuk memberikan ceramah agama, Kepala Bagian Kesra Setda Kota Padang Fuji Astomo, Camat Nanggalo, Lurah Surau Gadang, RW/RT lingkungan masjid, dan tokoh masyarakat.

Jumlah dana anak yatim yang bersumber dari infak jamaah yang diberikan sebesar Rp35 juta kepada kepada 64 anak yatim piatu dengan perincian 37 anak berasal dari internal dan 27 anak berasal dari luar masjid) dan tiga anak berkebutuhan khusus.

Masing-masing anak mendapatkan Rp400 ribu untuk anak internal masjid dan Rp250 ribu untuk anak eksternal masjid.

Kami mengucapkan terima kasih kepada jamaah yang telah memberikan rezekinya kepada anak yatim piatu dan para donatur kegiatan berbuka puasa bersama, semoga ini bentuk wujud nyata dukungan program masjid masjid ramah anak, kata dia.

Pada awal April 2021 Masjid Darul Huda telah melaksanakan peluncuran sebagai masjid ramah anak di Kota Padang yang langsung diresmikan oleh Wali Kota Padang dan Ketua DMI Kota Padang.

Sementara Kepala Dinas Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Kota Padang, Editiawarman menyampaikan Pemerintah Kota selalu berkomitmen mendorong upaya pemenuhan dan perlindungan hak-hak anak secara optimal melalui sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak.

Termasuk para tokoh masyarakat, jamaah masjid, dan lembaga masyarakat untuk menghadirkan rasa empati dan semangat gotong-royong untuk menjamin hak anak mendapatkan hidup yang layak, tumbuh-kembang, perlindungan, dan partisipasi, kata dia.

Ia berharap Masjid Darul Huda menjadi model percontohan di Kota Padang sebagai masjid ramah anak. Sebab masjid ramah anak merupakan bagian program yang tak terpisahkan untuk mewujudkan Kota Padang Sebagai Kota Layak Anak.

Sedangkan Kepala Bagian Kesra Setda Kota Padang, Fuji Astomi mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan pengurus Masjid Darul Huda Perumdam-Punggai.

Dalam pelaksaan pengurus masjid dan jamaah tetap patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan COVID-19, kata dia.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar