Ingin bahan kebutuhan dengan harga terjangkau, buruan ke Bazar dan Pasar Murah Bukittinggi (video)

id berita bukittinggi,berita sumbar,bazar

Ingin bahan kebutuhan dengan harga terjangkau, buruan ke Bazar dan Pasar Murah Bukittinggi (video)

Kegiatan Bazar dan Pasar Murah di Kota Bukittinggi mulai ramai dikunjungi warga. (Antarasumbar/Al Fatah)

Juga untuk menjaga kestabilan harga dan mengantisipasi kenaikan harga yang signifikan di pasaran,
Bukittinggi (ANTARA) - Bazar dan Pasar Murah Ramadhan 1442 H kerjasama TP PKK dengan SKPD ramai dikunjungi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Acara yang dibuka Pelaksana Tugas (Plt) Asisten II Setdako Bukittinggi, Melvi Abra itu berlangsung di Jalan Perwira mulai dari Samping Rumah Dinas Walikota hingga depan Kantor Mal Pelayanan Publik dan berlangsung tiga hari dari Senin (03/05) hingga Rabu (05/05) nanti.

"Biasanya akan terjadi fluktuasi harga menjelang Idul Fitri dan kita ingin masyarakat mendapatkan kebutuhannya secara merata di pasar murah ini," kata Ketua TP.PKK Bukittinggi, Fiona Erman Safar di Bukittinggi Senin.

Selain itu situasi pandemi Covid 19 masih memberikan pengaruh negatif secara ekonomi dan ketahanan pangan kepada masyarakat terutama rumah tangga berpenghasilan rendah.

Karena itu, TP PKK mengadakan Bazar dan Pasar Murah ini untuk mewujudkan keterjangkauan pangan melalui distribusi, pemasaran, perdagangan, stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok.

"Juga untuk menjaga kestabilan harga dan mengantisipasi kenaikan harga yang signifikan di pasaran," kata Fiona.

Sasaran dari Bazar dan Pasar Murah Ramadhan ini menurut Fiona adalah warga Bukittinggi dan tidak tertutup kemungkinan juga kepada warga diluar Bukittinggi.

Bazar dan Pasar Murah diisi oleh Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Dinas Pangan Propinsi Sumbar, Bulog Cabang Bukittinggi, Indofood, Pelaku Usaha, Kelompok Tani serta utusan tiga Kecamatan se Bukittinggi.

Beberapa komoditi pangan yang disediakan antara lain bahan pangan beras, cabe, bawang merah, bawang putih, kentang, telur, minyak goreng dan gula.

Ada juga disediakan komoditi non pangan seperti pakaian jadi dan tanaman hias.

Plt Asisten II Setdako Bukittinggi Melvi mengatakan hingga tahun 2021 ini pandemi COVID 19 masih menjadi bagian dari hidup masyarakat.

"Momen bulan Ramadhan dan Idul Fitri ini, harga-harga kebutuhan masyarakat menjadi tidak stabil hingga Bazar dan pasar murah ini perlu dilakukan untuk membantu masyarakat tetap melaksanakan ibadah dan menyambut Idul Fitri dengan tenang dan nyaman," kata Melvi.

Melvi mengharapkan kerjasama Pemkot dan TP PKK lewat Bazar dan Pasar Murah ini dapat berjalan lancar.

Pelaksanaan bazar ini tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19 yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.