Ingin tahu bagaimana wajah Kota Bukittinggi lima tahun ke depan, disini sedang direncanakan

id berita bukittinggi,berita sumbar, wajah

Ingin tahu bagaimana wajah Kota Bukittinggi lima tahun ke depan, disini sedang direncanakan

Musrenbang Kota Bukittinggi untuk mewujudkan kesejejahteraan masyarakat dalam "Bukittinggi Hebat". (Antarasumbar/HO Humas)

RPJMD disusun untuk menentukan arah pembangunan kota,
Bukittinggi (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi menggelar Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Bukittinggi tahun 2021-2026 untuk wujudkan pencapaian "Bukittinggi Hebat".

Kegiatan yang juga diikuti Unsur Forkopimda dan Kepala OPD ini dilaksanakan di Auditorium Perpustakaan Bung Hatta, Senin.

"RPJMD disusun untuk menentukan arah pembangunan kota, selama lima tahun kedepan namun, untuk penyusunannya dibutuhkan pembahasan yang lebih makro, melalui musrenbang," kata Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Bukittinggi, Rismal Hadi di Bukittinggi, Senin.

Rismal menambahkan Musrenbang ini juga menjadi rencana kegiatan bagaimana wajah Bukittinggi lima tahun kedepan.

"Untuk itu dilaksanakan diskusi publik dengan forum antar pemangku kepentingan," kata dia.

Untuk menyusun RPJMD, dilakukan tahapan, persiapan penyusunan, penyusunan rancangan awal dengan forum konsultasi publik, penyusunan rancangan, pelaksanaan musrenbang.

Selanjutnya dilakukan perumusan yang akan diteruskan kepada DPRD untuk pembahasan bersama untuk selanjutnya disusun menjadi ranperda, diverifikasi oleh gubernur dan dijadikan RPJMD 2021-2026.

"Hasil diskusi ini menjadi bahan akhir untuk perumusan RPJMD, dimana setiap pembangunan harus dilaksanakan dengan prinsip pembangunan yang ramah lingkungan dan kesetaraan gender," kata Rismal.

Sementara Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar menyampaikan RPJMD merupakan penjabaran visi misi dan program kepala daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan pembangunan daerah lima tahun ke depan.

"Musrenbang ini bertujuan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD," jelasnya.

Ia menambahkan kesejahteraan masyarakat Bukittinggi, diciptakan dalam bentuk "Bukittinggi Hebat" yang dilandasi filosofi adat Minangkabau, Adat Basandi Syara' Syara' Basandi Kitabullah.

Secara prinsip cita cita Bukittinggi Hebat, akan diciptakan melalui, peningkatan ekonomi masyarakat, peningkatan sumber daya manusia, peningkatan pelayanan melalui tata kelola pemerintahan yang baik.

"Kota Bukittinggi merupakan kota yang mempunyai potensi untuk kita majukan bersama melalui pengungkit dalam pergerakan ekonomi.

Sumber pergerakan ekonomi Bukittinggi berasal dari, belanja pemerintah, belanja pihak ketiga, transfer-investasi.

"Ada empat langkah pembangunan, menyempurnakan yang ada, optimalisasi, pengembangan dan mengintegrasikan seluruh nilai jual Bukittinggi," kata Wali Kota.