Pariaman mulai salurkan BLT dana desa kepada 2.705 keluarga

id Pariaman, Dana Desa, Sumbar, berita sumbar

Pariaman mulai salurkan BLT dana desa kepada 2.705 keluarga

Wali Kota Pariaman, Sumbar Genius Umar (dua kanan) secara simbolis menyerahakan BLT DD 2021 kepada KPM di daerah itu. (Antara/HO-Diskominfo Pariaman)

Pariaman, (ANTARA) - Pemerintah desa di Kota Pariaman, Sumatera Barat mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) untuk 2021 kepada 2.705 keluarga penerima manfaat (KPM) di daerah itu.

"Penyaluran BLT saat ini baru untuk Januari 2021 dengan dana yang diterima KPM mencapai Rp300 ribu per bulan. Satu bulan dulu, bulan lainnya menyusul" kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Minggu.

Ia mengatakan pencairan BLT tersebut dilakukan melalui Bank Nagari guna mempermudah KPM dalam mengambil uangnya.

Ia menyampaikan ada 42 desa di Kota Pariaman yang akan menyalurkan BLT ini sampai April 2021 sedangkan 13 desa lainnya masih dalam proses.

Ia meminta pemerintah desa di Kota Pariaman segera menyalurkan BLT DD 2021 agar masyarakat bisa merasakan dan menggunakan uang tersebut untuk keperluan lebaran.

"Setiap desa harus mempercepat proses administrasi BLT Februari, Maret, dan April sehingga KPM dapat memanfaat uangnya," katanya.

Ia menyebutkan kriteria penerima BLT DD 2021 yaitu di antaranya tidak masuk data Basis Data Terpadu (BDT), lansia, dan penyakit menahun.

Genius mengatakan dana desa juga dapat diusulkan untuk program padat karya agar masyarakat yang tidak berpenghasilan bisa memperoleh uang dengan ikut bekerja pada program tersebut.

"Kami sangat memahami apa yang dirasakan oleh masyarakat akibat pandemi COVID-19 ini. Semoga BLT bisa bermanfaat untuk KPM di Pariaman,” kata dia.

Diketahui sejumlah desa di Pariaman secara simbolis telah menyerahkan BLT DD kepada KPM. Adapun desa tersebut yaitu Desa Rawang, Desa Pauh Barat, Desa Marunggi, dan Punggung Ladiang .

Selanjutnya di Desa Padang Biriak-Biriak, Desa Apar, Desa Kampung Baru Padusunan, dan Desa Cubadak Mentawai.

Ia meminta warga di daerah itu untuk meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya penerapan protokol kesehatan agar pandemi COVID-19 dapat segera berakhir.(*)
Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar