Program nasi berkah Muslim M Yatim selama Ramadhan, cukup bayar Rp5 ribu per bungkus

id nasi berkah, berita padang, berita sumbar

Program nasi berkah Muslim M Yatim selama Ramadhan, cukup bayar Rp5 ribu per bungkus

Hidangan nasi berkah yang diinisiasi anggota DPD RI Muslim M Yatim. (Antara/Dokumentasi pribadi)

Padang (ANTARA) - Anggota DPD RI asal Sumatera Barat Muslim M Yatim menginisiasi program nasi berkah yaitu berbelanja sebungkus nasi dengan harga Rp5 ribu dan sisanya disubsidi langsung kepada penjual.

"Nasi berkah ini tersebar di 11 titik di Sumbar, sebenarnya harga per bungkus Rp12 ribu, tapi warga cukup bayar Rp5 ribu, masing-masing titik disiapkan 100 porsi per hari," kata Muslim di Padang, Minggu.

Menurut dia program ini merupakan salah satu upaya meringankan beban warga dan siapa pun boleh membeli dengan membayar Rp5 ribu saja.

"Totalnya selama Ramadhan ada 30 ribu porsi yang disiapkan," kata dia.

Nasi berkah ini juga upaya membantu para pelaku usaha penjual makanan karena biasanya nasi yang dijual selalu habis.

Tak hanya nasi berkah juga menginisiasi program takjil dengan harga Rp5 ribu namun disubsidi Rp2 ribu.

Untuk sebaran nasi berkah di Padang ada di Masjid Taqwa Muhammadiyah, Parupuk Tabing, Air Tawar, Air Camar dan Ulak Karang.

"Biasanya pukul 17.00 WIB sudah habis," katanya.

Ia menyampaikan untuk pembayaran kepada penjual akan diserahkan secara tunai menjelang Lebaran dan diperkirakan satu penjual bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp6 juta selama Ramadhan dari berjualan nasi berkah.

Ia berharap program ini dapat dicontoh oleh yang lain sehingga selain meringankan beban masyarakat juga membantu penjual nasi.

"Prinsipnya penjual untung, masyarakat terbantu dengan mendapatkan pangan murah tapi tetap berkualitas dan bergizi," kata dia.