Ini penilaian Wawako Solok tentang pariwisata berbasis masyarakat

id berita solok,berita sumbar,wisata

Ini penilaian Wawako Solok tentang pariwisata berbasis masyarakat

Wawako Solok, Sumatera Barat (Sumbar), Ramadhani Kirana Putra. (Antarasumbar/HO-Prokom Kota Solok)

Konsep pariwisata yang mengutamakan peran masyarakat dalam pembangunan pariwisata ialah pariwisata berbasis masyarakat,
Solok (ANTARA) - Wakil Wali Kota (Wawako) Solok, Sumatera Barat (Sumbar), Ramadhani Kirana Putra menilai pariwisata berbasis masyarakat mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah itu.

"Konsep pariwisata yang mengutamakan peran masyarakat dalam pembangunan pariwisata ialah pariwisata berbasis masyarakat," ujar Dhani di Solok, Kamis.

Ia mengatakan itu saat menghadiri pengukuhan kepengurusan dewan pengurus cabang masyarakat sadar wisata (Masata) Kota Solok Periode 2021-2025 bertempat di Solok.

Ia mengatakan prinsip dasar pariwisata berbasis masyarakat ialah menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama melalui pemberdayaan masyarakat dalam berbagai kegiatan bermakna sehingga masyarakat memperoleh manfaat yang besar dari pariwisata.

Selain itu, atas nama pemerintah Kota Solok ia mengucapkan selamat atas dilantiknya ketua dan pengurus DPC Masata Kota Solok Periode 2021/2025.

"Mudah-mudahan dengan kepengurusan yang baru ini, DPC Masata Kota Solok akan lebih giat lagi dalam mengenalkan pariwisata Kota Solok pada seluruh lapisan masyarakat" ucap Dhani.

Menurut dia kepariwisataan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang dilakukan secara sistematis, terencana, terpadu, berkelanjutan dan bertanggung jawab dengan tetap memberikan perlindungan terhadap nilai-nilai agama, budaya yang hidup dalam masyarakat, kelestarian dan mutu lingkungan hidup serta kepentingan nasional.

"Saat ini, sektor pariwisata merupakan salah satu sektor strategis di negara manapun, karena jenis pariwisata yang berkembang saat ini adalah pariwisata berbasis masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.