Bupati Pesisir Selatan tebar 5.000 ekor benih Ikan Nila di saluran air Taman Spora Painan

id Rusma Yul Anwar ,tebar benih ikan nila ,kawasan Taman Spora

Bupati Pesisir Selatan tebar 5.000 ekor benih Ikan Nila di saluran air Taman Spora Painan

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar menebar 5.000 ekor benih ikan nila di saluran air kawasan Taman Spora Painan. (Antara/HO Humas Pemkab Pesisir Selatan)

Painan, (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Rusma Yul Anwar menebar sebanyak 5.000 ekor benih ikan nila di saluran air kawasan Taman Spora Painan atau persis di depan Masjid Akbar Baiturrahman Painan, Selasa (27/4).

"Saluran air ini potensial dikembangkan sebagai lokasi budidaya perikanan, karena airnya tidak pernah kering," kata Rusma di sela kegiatan.

Selanjutnya saluran air tersebut mesti perlu sedikit direnovasi, sehingga layak dijadikan kolam ikan.

Dalam kesempatan itu ia juga mengapresiasi pemuda dan masyarakat setempat yang sepakat menjadikan lokasi itu sebagai kawasan larangan, hal itu dilakukan dalam upaya memastikan bibit ikan ketika dewasa tidak dipancing atau ditangkap dengan cara lain.

Kepala Dinas Perikanan Pesisir Selatan, Andi Syafinal mengatakan, secara keseluruhan pengembangan sektor perikanan sangat membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai, termasuk sumber daya manusia yang andal.

Terkait hal itu, lanjutnya, pemerintah kabupaten terus berupaya mencari bantuan berupa program dan kegiatan pengembangan sektor perikanan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Di Kementerian Kelautan dan Perikanan sangat banyak program dan kegiatan sektor perikanan yang bisa ditarik ke daerah," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, selain hadir Kepala Dinas Perikanan, Andi Syafinal, juga hadir Asisten II Setkab, Mimi Riarty Zainul, Kepala Dinas PSDA, Doni Gusrizal dan sejumlah tokoh masyarakat Painan. (*)