Lantamal II Padang siapkan "Kampung Bahari Nusantara" gerakkan ekonomi masyarakat pesisir

id Rapat pencanangan Kampung Bahari Nusantara,berita padang,berita sumbar,Lantamal II Padang

Lantamal II Padang siapkan "Kampung Bahari Nusantara" gerakkan ekonomi masyarakat pesisir

Rapat pencanangan Kampung Bahari Nusantara di aula pertamuan Lantamal Padang pada 21 April 2021. (ANTARA/HO-Dispen Lantamal II)

Padang, (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan program "Kampung Bahari Nusantara" untuk menggerakkan ekonomi masyarakat pesisir pantai.

"Kampung Bahari Nusantara merupakan program baru TNI AL yang bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir dan pemberdayaan wilayah pertahanan laut," kata Komandan Lantamal II Laksamana Pertama TNI Hargianto, didampingi Kepala Dinas Penerangan Mayor Laut (T) Syahrul, di Padang, Selasa.

Ia mengatakan melalui program itu TNI-AL khususnya Lantamal Padang akan bersinergi dengan masyarakat pesisir serta pemerintah kabupaten atau kota untuk mengembangkan suatu jenis usaha.

Menurutnya saat ini ada beberapa daerah yang sudah mulai dijajaki oleh Lantamal yakni Sungai Pisang, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, dan Pesisir Selatan.

"Kalau Sungai Pisang itu berpotensi mengembangkan budidaya rumput laut, Pesisir Selatan cocok dengan keramba apung ikan kerapu," katanya.

Ia mengatakan saat ini pihaknya terus melakukan persiapan sekaligus memetakan potensi yang dimiliki daerah sebelum program diluncurkan secara nasional pada Juli 2021.

"Lewat pemetaan ini akan dilihat potensi apa yang dimiliki suatu daerah, dan jenis usaha apa yang cocok sehingga bisa menggerakkan ekonomi masyarakat," jelasnya.

Ia menjelaskan lewat program tersebut pihak Lantamal akan mendampingi usaha, memberikan pelatihan, atau budidaya yang dikembangkan oleh masyarakat pesisir.

"Sebut saja jika suatu daerah pesisir itu punya potensi wisata menyelam, maka kami TNI-AL juga bisa melatih warga di sana agar ke bisa menjadi instruktur ," katanya.

Danlantamal berharap dukungan semua pihak terhadap program Kampung Bahari Nusantara itu, termasuk pemerintah daerah agar program itu dapat terlaksana dengan baik. (*)