Motivasi peserta MTQ, Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat tampil jadi peserta

id Hamsuardi ,MTQ pasaman barat,berita pasaman barat,pasaman barat terkini,berita sumbar

Motivasi peserta MTQ, Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat tampil jadi peserta

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi menjadi peserta MTQ tingkat dusun di daerah itu. Keikutsertaannya adalah untuk memberikan semangat bagi peserta lainnya. (Antara/Ist)

Simpang Empat, (ANTARA) - Bupati Pasaman Barat, Sumatera Barat Hamsuardi dan Wakil Bupati Risnawanto mengikuti lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) I di Masjid Nurul Huda Jorong Jambak Selatan Kecamatan Luhak Nan Duo.

Bupati mengikuti Hafidz Yasin dan Wakil Bupati Risnawanto mengikuti lomba MTQ lanjut usia.

Ketua panitia MTQ Suharjo Lubis mengatakan MTQ tersebut dirancang oleh pengurus masjid untuk menyemarakkan malam Ramadhan bersama Al-Quran. Kegiatan tersebut murni dari pengurus masjid, wali nagari, Jorong dan tokoh-tokoh masyarakat.

"MTQ ini menjadi istimewa karena pesertanya ada Bupati Pasaman Barat Hamsuardi dan Wakil Bupati Risnawanto. Untuk bupati cabang lomba hafiz surat Yasin kalau Wakil Bupati MTQ tingkat lansia," katanya.

Ia menambahkan, adapun cabang yang diperlombakan dalam MTQ tersebut adalah, cabang musabaqah Tilawatil Quran tingkat anak-anak dan tingkat dewasa, serta musabaqah Tilawatil Quran tingkat lansia.

MTQ juz 30 untuk anak-anak, dan Surat Yasin untuk umur 30 tahun ke atas.

"Kegiatan lomba ini mulai dibuka pada Rabu (21/4) hingga 10 hari ke depan. Jumlah peserta sebanyak 210 orang dari beberapa cabang yang diperlombakan," sebutnya.

Selain itu, dusun yang terbaik nanti adalah dusun yang paling banyak mengutus kafilahnya. Panitia akan memberikan hadiah khusus yang telah dipersiapkan.

Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto yang membuka kegiatan tersebut, mengatakan bahwa lomba MTQ di Jorong Jambak Selatan itu bisa menjadi salah satu ajang mencari bibit unggul untuk MTQ tingkat provinsi nantinya.

"Melalui MTQ tingkat jorong, nagari, kecamatan hingga kabupaten inilah nanti bisa kita temui bibit unggul untuk kafilah MTQ Pasaman Barat," katanya.

Ia berharap di dalam kegiatan tersebut banyak manfaat yang diperoleh, salah satunya membumikan Al-Quran.

Apalagi di bulan suci ramadhan, membaca Alquran akan mendapatkan pahala yang berlimpah. Lomba MTQ ke I Masjid Nurul Huda Jambak Selatan tersebut telah dimulai Sabtu, (24/4) malam, yang diawali dengan peserta pertama oleh Bupati Pasaman Barat Hamsuardi untuk cabang lomba Hafidz Yasin. (*)