Kadin: Pemulihan ekonomi di tengah pandemi butuh sinergitas semua sektor, bukan hanya pelaku usaha

id Arsjad Rasjid,Kadin,pandemi ,Pemulihan ekonomi ,padang,sumbar

Kadin: Pemulihan ekonomi di tengah pandemi butuh sinergitas semua sektor, bukan hanya pelaku usaha

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid. ​​​​​​ (ANTARA/Fathul Abdi)

Padang, (ANTARA) - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid menilai pemulihan ekonomi di tengah pandemi COVID-19 butuh sinergitas segala sektor bukan hanya pelaku usaha.

"Pemulihan ekonomi tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, seluruh sektor harus bersinergi bersama-sama baik pelaku, pemerintah, serta sektor lain," kata Arsjad Rasjid, di Padang, Kamis malam.

Hal itu dikatakannya usai memggelar rapat koordinasi bersama Kadin Sumbar serta pemerintah provinsi setempat dan dihadiri oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi.

Ia mengatakan Kadin akan mengambil peran untuk menjalin kemitraan yang baik antara pelaku usaha dengan pemerintah mulai dari tingkat pusat hingga kabupaten atau kota.

"Sinergitas itu untuk menentukan sektor usaha mana yang perlu dimaksimalkan, dan perku diingat potensi masing-masing daerah berbeda," katanya.

Arsjad yang maju sebagai Calon Ketua Kadin 2021-2026 Indonesia itu menganalogikan persoalan bangsa saat ini bagaikan perang, yakni perang ekonomi, kesehatan, dan perang melawan pandemi COVID-19.

"Kita harus memenangkannya secara bersama-sama agar roda perekonomian tetap berjalan," jelasnya.

Sebagai calon Ketua Kadin ia telah menyiapkan empat fokus kerja di tengah pandemi COVID-19.

Pertama adalah bidang kesehatan dengan sasaran bisa mendorong pemulihan kesehatan serta indrusti kesehatan di Indonesia.

Kedua pemulihan ekonomi nasional dan daerah, dengan mengutamakan pemulihan di daerah terlebih dahulu.

Ketiga mengembangkan kewirausahaan serta potensi pengusaha, salah satunya memaksimalkan peran digital.

Kemudian memperbaiki internal Kadin agar menjadi organisasi yang lebih inklusif dan kolaboratif sehingga menjangkau banyak kalangan termasuk pengusaha mikro, kecil, dan menengah.

Sementara itu Ketua Kadin Sumbar Ramal Saleh menyatakan kesiapannya untuk bersinergi dengan pemerintah provinsi dalam memulihkan ekonomi.

Ia juga menyatakan dukungannya kepada Arsjad Rasjid karena dinilai punya visi-misi memperbaiki organisasi serta mempunyai konsep otonomi terhadap Kadin di daerah.

Pada bagian lain, dalam kegiatan tersebut Arsjad juga menyerahkan bantuan satu unit mobil untuk operasional kepada Kadin Sumbar. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar