Anggota DPR-RI dapil Riau I diapungkan jadi calon Wako Payakumbuh

id berita payakumbuh,berita sumbar,cawako

Anggota DPR-RI dapil Riau I diapungkan jadi calon Wako Payakumbuh

Anggota DPR-RI Chairul Anwar saat mengunjungi Balai Wartawan. (Antarasumbar/Akmal Saputra)

Saat ini ada tiga kader yang diapungkan PKS buat kandidat walikota Payakumbuh, yaitu Pak Ustad Chairul Anwar, Pak Ustad Irsyad Safar serta Pak Hamdi Agus,
Payakumbuh (ANTARA) - Anggota DPR-RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dapil 1 Provinsi Riau, Chairul Anwar menjadi salah satu nama yang diapungkan oleh partai islam tersebut untuk menjadi calon Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat.

Kepala Bidang Pemenangan Pemilu dan Pilkada PKS Payakumbuh, Mustafa di Payakumbuh, Rabu, mengatakan bahwa anggota DPR-RI merupakan salah satu kader PKS yang diapungkan sebagai kandidat calon Wali Kota Payakumbuh untuk 2024.

Meski begitu, juga terdapat beberapa nama lain yang menjadi bakal calon yang tengah diapungkan PKS untuk dapat melanjutkan estafet kepemimpinan Riza Falepi yang memimpin Payakumbuh selama dua periode.

"Saat ini ada tiga kader yang diapungkan PKS buat kandidat walikota Payakumbuh, yaitu Pak Ustad Chairul Anwar, Pak Ustad Irsyad Safar serta Pak Hamdi Agus. Tapi nanti, tetap yang dipilih itu adalah kader yang elektabilitasnya paling tinggi menurut hasil survei," katanya.

Ia mengatakan PKS adalah partai yang realistis, terutama dalam menentukan kandidat yang bakal diusung sebagai kepala daerah. Untuk itu, partainya tidak menutup diri serta membuka peluang terhadap kandidat di luar kader, jika nanti memiliki keunggulan berdasarkan survei.

Chairul mengatakan bahwa dirinya memang mendapat mandat dari partai untuk mulai melakukan sosialisasi di tengah-tengah masyarakat terkait Pilwako 2024.

"Apabila mendapat respon positif, dia mengaku akan maju sebagai salah satu calon nantinya. Banyak kader PKS yang mendorong saya, agar mengabdi membangun kampung halaman," ujarnya.

Ia mengatakan pada awalnya dirinya hanya menanggapi santai namun ketika sering pulang ke Payakumbuh dirinya semakin yakin untuk maju.

Menurutnya, banyak gagasan pemikiran yang ingin ia salurkan jika nanti benar-benar diberi kepercayaan oleh masyarakat Payakumbuh. Diantaranya, merancang program pembangunan fisik dan ekonomi untuk menjadikan Payakumbuh Madani.

Ia mengatakan pada era kepemimpinan Riza Falepi yang juga merupakan kader PKS, cukup banyak kemajuan pembangunan yang dirasakan masyarakat terutama di bidang fisik dan ekonomi.

Ekonomi Payakumbuh secara obyektif kini lebih menggeliat dibanding kabupaten/kota lain di Sumbar yang bisa dilihat dalam situasi pandemi COVID-19.

"Sekarang ini saja masyarakat Payakumbuh ini masih ramai berbelanja di pasar atau kafe-kafe, itu menandakan ekonomi Payakumbuh masih stabil. Ini nanti perlu dilanjutkan dan kita tingkatkan lagi," katanya

Meski begitu, Chairul mengaku bahwa dirinya memiliki orientasi hidup ibarat air mengalir dan jika nanti dari hasil survei dirinya tercatat memiliki elektabilitas tertinggi, maka ia akan siap berkompetisi, begitu pula sebaliknya.

"Kita lihat nanti, bagaimana hasilnya. Melalui momen ini, saya pun banyak menemukan hal baru. Setiap bertemu masyarakat, misalnya, saya banyak menemukan dunsanak," ujarnya.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar