Rp676,2 miliar nilai penerimaan pajak pada triwulan I 2021 di Sumbar

id berita padang,berita sumbar,pajak

Rp676,2 miliar nilai penerimaan pajak pada triwulan I 2021 di Sumbar

Kepala Bidang Data dan Pengawasan Potensi Perpajakan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumbar dan Jambi, Rizaldi. (Antarasumbar/Ikhwan Wahyudi)

Target penerimaan pajak Kanwil DJP Sumbar Jambi pada tahun ini mencapai Rp9,7 triliun atau naik 17,78 persen dibandingkan 2020 yang realisasinya sebesar Rp8,2 triliun,
Padang (ANTARA) - Penerimaan pajak pada triwulan I 2021 di Sumatera Barat (Sumbar) mencapai Rp676,2 miliar atau turun dari target Rp4,6 triliun atau turun 17,26 persen dibandingkan periode yang sama pada 2020 yang mencapai Rp817,2 miliar.

"Penerimaan pajak terbesar pada triwulan I didominasi oleh tiga sektor utama yaitu perdagangan besar, eceran, reparasi dan perawatan mobil dan sepeda motor, sektor industri pengolahan dan sektor jasa keuangan dan asuransi," kata Kepala Bidang Data dan Pengawasan Potensi Perpajakan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumbar dan Jambi, Rizaldi di Padang, Senin.

Ia menyampaikan jenis pajak penyumbang penerimaan terbesar adalah PPh nonmigas sebesar Rp468,74 miliar atau turun 15,05 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Rizaldi menyebutkan target penerimaan pajak Kanwil DJP Sumbar Jambi pada tahun ini mencapai Rp9,7 triliun atau naik 17,78 persen dibandingkan 2020 yang realisasinya sebesar Rp8,2 triliun.

Pada sisi lain untuk kepatuhan penyampaian SPT pihaknya mematok target 455.002 SPT atau 78 persen dari jumlah wajib pajak yang menyampaikan SPT sebanyal 584.561.

Untuk kepatuhan penyampaian SPT pihaknya bersama Gubernur Sumbar, Mahyeldi, Ketua DPRD Sumbar, Supardi dan Kapolda Sumbar, Irjen Pol Toni Harmanto telah memberikan imbauan dan contoh melaporkan SPT sebelum 31 Maret 2021.

Terkait upaya penegakan hukum saat ini terdapat proses penyidikan terhadap dua wajib pajak di Sumbar.

Selain itu sudah ada penyerahan tersangka atas tindak pidana pajak terhadap satu wajib pajak di Sumbar.

Ia berharap melalui sinergi antara pemerintah daerah dan pemangku kepentingan dapat meningkatkan kepatuhan dan kontribusi pelaku ekonomi di Sumbar.

DJP Sumbar Jambi juga berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada pemangku kepentingan dengan penuh integritas dan profesional.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar