Polresta Padang bubarkan aksi balap liar di Jalan Khatib Sulaiman, puluhan motor diamankan

id berita padang, berita sumbar, balap liar

Polresta Padang bubarkan aksi balap liar di Jalan Khatib Sulaiman, puluhan motor diamankan

Polisi mengamankan sepeda motor saat membubarkan aksi balap liar di Jalan Khatib Sulaiman, Padang, Minggu (18/4). (Antara/Fathul Abdi)

Padang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) membubarkan aksi balap liar yang terjadi di Jalan Khatib Sulaiman pada Minggu (18/4) dini hari.

"Balap liar ini adalah salah satu fokus kami karena meresahkan masyarakat serta pengguna jalan di Jalan Khatib Sulaiman," kata Kepala Bagian Operasional Polresta Padang Kompol Andi P Lorena, di Padang, Minggu.

Saat membubarkan aksi balap liar itu pihak kepolisian juga mengandangkan puluhan unit sepeda motor yang menggunakan knalpot racing, dan melanggar ketentuan lainnya.

Menurutnya kendaraan yang diamankan di Kantor Polresta Padang itu akan diidentifikasi untuk mengetahui apakah merupakan hasil tindak pidana seperti pencurian atau lainnya.

"Jika hanya terkait aturan lalu lintas maka pemiliknya dikenakan tilang, jika ada indikasi (kendaraan) itu hasil kejahatan maka akan diproses lebih lanjut," katanya.

Mantan Kapolsek Lubuk Begalung itu menegaskan pihaknya akan menggencarkan cipta kondisi untuk mengantisipasi balap liar serta tauran di daerah setempat.

"Pada bulan puasa kerap terjadi balap liar dan tawuran, maka untuk mengantisipasinya kami gencarkan cipta kondisi," tegasnya.

Hal itu dilakukan demi menghadirkan rasa aman di tengah masyarakat.

Menurutnya Polresta Padang telah memetakan sejumlah lokasi yang rawan terjadi balap liar dan tauran seperti Jalan Khatib Sulaiman, kawasan By Pass, Pantai Padang, dan lainnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar sama-sama menciptakan keamanan serta ketertiban di Kota Padang, termasuk para orang tua agar tidak melepas anaknya keluyuran malam.