Pesisir Selatan minta dukungan BNPB tangani bencana

id bnpb,pesisir selatan

Pesisir Selatan minta dukungan BNPB tangani bencana

Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hardiansyah menyambut kedatangan Kepala BNPB, Doni Monardo. (Antara / HO Humas Pemkab Pesisir Selatan)

​​​​​​​Painan (ANTARA) - Wakil Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Rudi Hardiansyah, meminta dukungan ke BNPB untuk menangani berbagai bencana yang terjadi di daerah setempat seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung, abrasi pantai, dan lainnya.

"Berbagai bencana terjadi di Pesisir Selatan, untuk itu kami meminta dukungan BNPB dalam menanganinya," kata Rudi usai gelaran acara bersama Kepala BNPB, Doni Monardo di Painan, Kamis (15/4).

Ia menyebut, bencana merupakan tantangan yang sangat serius, salah satunya karena kehadiran bencana tidak bisa ditolak, dan kadang-kadang datang mendadak.

"Terkait hal itu kami konsisten melakukan sosialisasi, dan pelatihan ke masyarakat seputar kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana," imbuhnya.

Ia berharap beberapa usulan program penangan banjir yang telah diusulkan baik ke BNPB atau Provinsi Sumbar dapat direalisasikan, salah satunya ialah penanganan banjir di Tapan.

Pada penanganan banjir itu, kata dia, diperlukan normalisasi dan penguatan tebing Sungai Batang Tapan, dan berdasarkan kajian teknis yang dilakukan kegiatan tersebut membutuhkan dana Rp163 miliar.

Karena dana dari pemerintah pusat masih menunggu persetujuan, maka untuk penanggulangan sementara pihaknya melakukan pembersihan, pengerukan sungai sepanjang 180 meter.

Pengerjaan tersebut dilakukan dengan memanfaatkan dana operasional dan pemeliharaan sungai di Dinas PSDA tahun 2021.