Temui Menparekraf, Wali Kota Erman Safar minta bantuan pengembangan pariwisata Bukittinggi

id erman safar,sandiaga uno,jam gadang,kota wisata bukittinggi

Temui Menparekraf, Wali Kota Erman Safar minta bantuan pengembangan pariwisata Bukittinggi

Wali Kota Erman Safar saat menemui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Jakarta. (Antara/HO-Humas Kota Bukittinggi)

Bukittinggi (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, Sumatera Barat, menemui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno untuk meminta bantuan pengembangan sarana dan prasarana kepariwisataan kota itu.

"Satu satunya generator penggerak kota kami adalah pariwisata. Sementara saat covid ini hancur lebur hingga untuk tahun ini. Saatnya kami berbenah dimana ada beberapa strategi yang diterapkan untuk membangkitkan ekonomi kota yang bersumber dari kepariwisataan seperti penguatan konsep kuliner dan UKM," kata Erman Safar di hadapan Menteri Sandiaga di Jakarta, Selasa (13/4).

Erman Safar menjelaskan bahwa dukungan dan bantuan yang dimaksud berupa pembangunan pengembangan sarana dan prasarana kepariwisataan seperti pembangunan gedung tourism information centre .

Ia menyerahkan proposal kepada Menteri, serta berharap acara yang dlaksanakan oleh Kementerian Parekraf dapat dilaksanakan di Bukittinggi.

Sementara itu Menteri Sandiaga Uno sangat mengapresiasi atas kunjungan dan upaya yang telah dilakukan guna pengembangan kepariwisataan di Sumbar dan khususnya di Bukittinggi.

"Saya yakin, kalau kita bergandeng tangan akan mampu untuk bangkit. Jadi saya mengucapkan terima kasih karena wisatawan mancanegara akan memakan waktu untuk balik, maka wisatawan nusantaralah yang harus menjadi perhatian dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, kita akan dorong destinasi pariwisata," katanya.

Menurutnya pariwisata kedepan adalah peningkatan kualitis dan sustainable, jadi bicaranya kualitas dan konsep berkelanjutan serta konsep utama pariwisata yang akan dikembangkan adalah desa wisata dan kuliner.

"Dimana desa wisata ini menjadi peluang untuk jadi pemenang, dan juga berharap untuk pengembangan digitalisasi di daerah karena untuk mencapai kuantitas seperti yang dicapai Tahiland dan Malaysia pasti akan sulit tetapi kalau kita fokus kepada kekuatan kita terutama kuliner dan gastronomi akan luar biasa sekali,” kata Sandi.

Pada kunjungan yang diinisiasi oleh anggota komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra Andre Rosiade tersebut juga dihadiri oleh beberapa kepala daerah lainnya di Sumatera Barat.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar