Jelang leg kedua hadapi Dortmund, Guardiola: Pemain saya cuma manusia biasa

id liga champions,manchester city,pep guardiola,dortmund

Jelang leg kedua hadapi Dortmund, Guardiola: Pemain saya cuma manusia biasa

Manajer Manchester City Pep Guardiola saat mendampingi timnya menjamu Borussia Dortmund dalam leg pertama perempat final Liga Champions di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Selasa (6/4/2021). (ANTARA/REUTERS/Phil Noble)

Jakarta (ANTARA) - Pep Guardiola menyebut pemain-pemain Manchester City cuma manusia biasa dan tidak luput dari kemungkinan mengalami masalah emosional ketika melakoni leg kedua perempat final Liga Champions melawan Borussia Dortmund.

City tiba berbekal kemenangan 2-1 di leg pertama dan secara matematis hanya butuh hasil imbang dalam leg kedua di Signal Iduna Park, Jerman, Rabu waktu setempat (Kamis WIB), untuk mengunci tiket semifinal.

Baca juga: Dortmund bertekad ukir kisah indah saat jamu Manchester City

Namun ketika ditanya apakah timnya siap secara emosional untuk mencegah Dortmund membalikkan keadaan, Guardiola memilih jawaban diplomatis.

"Saat ini saya tidak tahu," kata Guardiola dalam jumpa pers pralaga dilansir laman resmi City, Selasa malam.

"Pemain saya cuma manusia biasa, orang terkadang lupa itu. Manusia punya perasaan dan terkadang situasi terjadi. Tapi kami tahu apa yang harus dilakukan," ujarnya menambahkan.

"Jika kami ingin menang, kami harus melakukan sesuatu agar pantas mendapatkannya. Musim ini kami kerap sukses melakukan itu."

Baca juga: Dilumat Chelsea, pelatih Porto: sadis

"Tentu saja kami harus mengendalikan emosi, tetapi terkadang Anda membutuhkan emosi dalam cara yang tepat untuk memenangi laga semacam ini."

Guardiola menegaskan timnya tidak perlu melakukan sesuatu yang spesial agar bisa mengantungi tiket semifinal ketika peluit tanda laga usai terdengar di Signal Iduna Park.

"Setiap pemain harus bisa menjadi pemimpin di lapangan. Mereka yang merasa lebih nyaman pasti akan mengambil tanggung jawab lebih besar dalam pertandingan," pungkas Guardiola.

Jika mampu melewati Dortmund, ini akan menjadi langkah terjauh City di Liga Champions semenjak ditangani Guardiola, yang selalu terhenti di perempat final dalam beberapa musim terakhir.

Baca juga: Jelang leg kedua kontra Chelsea, Porto tetap ingin raih kemenangan meski tertinggal