Targetkan zakat selama Ramadhan 1442 H sebesar Rp5 miliar, ini dilakukan Baznas Padang

id berita padang,berita sumbar,zakat

Targetkan zakat selama Ramadhan 1442 H sebesar Rp5 miliar, ini dilakukan Baznas Padang

Kantor Baznas Kota Padang. (Antarasumbar/Mutiara Ramadhani)

Di Baznas Padang ini ada beberapa program yang telah disahkan melalui Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) yaitu kesehatan, pendidikan, dan kemanusiaan,
Padang (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Padang menargetkan zakat selama bulan Ramadhan 1442 Hijriah terkumpul sebanyak Rp5 miliar.

"Kami optimis target itu bisa tercapai karena kami banyak bersinergi dengan pihak ketiga seperti perusahaan-perusahaan yang ada di Padang," kata Kepala Pelaksana Baznas Padang, Sintaro Abe melalui Humas Syahrul di Padang, Selasa.

Ia mengatakan untuk bisa mencapai target pihaknya membuka Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di setiap perusahaan.

Selain itu, Baznas juga gencar melakukan sosialisasi zakat termasuk infak dan sedekah selama bulan Ramadhan.

Baznas mulai melakukan pengumpulan zakat mal sejak dua minggu sebelum memasuki bulan Ramadhan dan hasil zakat bisa dilihat setelah lebaran Idul Fitri.

Lebih lanjut, ia mengatakan zakat yang terkumpul akan didistribusikan sesuai dengan program yang telah dibuat oleh Baznas.

"Di Baznas Padang ini ada beberapa program yang telah disahkan melalui Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) yaitu kesehatan, pendidikan, dan kemanusiaan," ujar dia.

Selain zakat Ramadhan, Baznas Padang juga mengumpulkan zakat tahunan yang mana di 2021 ini ditargetkan terkumpul sebesar Rp25 miliar.

"Hingga bulan ini, kami berhasil mengumpulkan zakat tahunan itu lebih kurang sebanyak Rp6 miliar," ucapnya.

Pada tahun lalu target Baznas Padang berhasil tercapai, yang dimana target zakat Ramadhan sebesar Rp 3 miliar, dan zakat tahunan sebesar Rp22,5 miliar.