Pariaman usulkan sejumlah pembangunan strategis ke KKP

id Kementerian Kelautan dan Perikanan,potensi bahari pariaman,genius umar

Pariaman usulkan sejumlah pembangunan strategis ke KKP

Wali Kota Pariaman, Sumbar Genius Umar. (ANTARA/Aadiaat M. S.)

​​​​​​​Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) meminta sejumlah pembangunan strategis baik di bidang penataan kawasan pantai, pulau, maupun perikanan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Kami telah menyampaikan permintaan pembangunan kepada Bapak Wakil Presiden (saat tiba di Pariaman)," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Selasa.

Sebagai tindak lanjut permintaan tersebut, Wali Kota Pariaman dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah setempat mendatangi kementerian terkait agar permohonan pembangunan yang diajukan disetujui.

Pemkot Pariaman mendatangi Kantor KKP pada Senin kemarin dan untuk kementerian itu pihaknya mengajukan lima permintaan pembangunan strategis.

Genius menyebutkan adapun lima pembangunan yang diminta tersebut yaitu Pasar Ikan Karan Aur, pusat Kuliner Talao Pauh, Desa Wisata (Dewi) Bahari, dermaga apung Pulau Ujuang, dan menanggulangi abrasi pantai Pulau Angso Duo.

Pada kesempatan tersebut Wali Kota Pariaman juga menyampaikan sejumlah program andalan pihaknya guna mewujudkan kelautan dan perikanan secara maju dan modern yaitu Desa Wisata (Dewi), Desa Digital (DEDI) dan Desa Bahari (DERI) yang meliputi Desa Apar, Desa Pauh Barat, Desa Taluak, dan Desa Marunggi.

"Dalam pertemuan dengan Pak Menteri KKP, juga dibahas mengenai sinergi dan kolaborasi potensi bahari Sumbar serta menggali potensi perikanan laut dan perikanan tawar untuk menunjang pemulihan ekonomi masyarakat pasca-pandemi,” katanya.

Ia mengatakan sebelum ke KKP pihaknya terlebih dahulu mendatangi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk menindaklanjuti permohonan pembangunan lainnya.

Adapun permohonan pembangunan tersebut yaitu pembangunan pasar basah yang merupakan bagian dari Pasar Rakyat Pariaman, masjid terapung, pelabuhan penyeberangan pulau, serta sebagai tambahan yaitu kawasan terpadu pantai wisata Ma'aruf Amin.

Sebelumnya Genius Umar mengusulkan sejumlah pembangunan strategis baik bidang ekonomi maupun pariwisata kepada Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma'ruf Amin saat meresmikan Pasar Rakyat Pariaman.

"Kami merasa bangga dan terharu bapak (Wapres) bisa datang ke Pariaman karena sejak Indonesia merdeka, atas undangan wali kota dan masyarakat Pariaman bapak bisa datang ke Pariaman," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar saat sambutan pada Peresmian Pasar Rakyat Pariaman oleh Wapres di Pariaman.

Ia mengatakan saat ini pihaknya sedang dan merencanakan sejumlah pembangunan strategis yang memerlukan anggaran yang besar sehingga diperlukan bantuan dari pemerintah pusat.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar