Sehari jelang Ramadhan, harga daging sapi di pasar tradisional Pasaman Barat naik

id berita pasaman barat,berita sumbar,sapi

Sehari jelang Ramadhan, harga daging sapi di pasar tradisional Pasaman Barat naik

Pedagang daging sapi di pasar Simpang Empat Pasaman Barat menjual daging yang harganya naik mencapai Rp140 ribu perkilogram. (Antarasumbar/Altas Maulana)

Kita tidak mengetahui apa penyebabnya,
Simpang Empat (ANTARA) - Harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat naik sehari jelang Ramadhan 1442 Hijriah.

Kenaikan harga daging itu mencapai Rp140 ribu perkilogramnya. Biasanya harga daging berkisar dari Rp110 ribu-Rp120 ribu perkilogramnya.

Salah satu pedagang sapi Dedi di Pasar Simpang Empat, Senin, mengatakani kanaikan harga daging sapi menjelang Ramadhan terjadi setiap tahunnya.

"Kita tidak mengetahui apa penyebabnya. Namun harga beli sapi kepada peternak juga naik," katanya.

Ia mengatakan pedagang daging di Pasar Simpang Empat diperkirakan memotong sapi atau kerbau pada satu hari jelang Ramadhan sebanyak 15 ekor.

Ia menyebutkan di hari biasa harga daging sapi dijual Rp110 ribu sampai Rp120 ribu. Saat ini naik mencapai Rp140 ribu perkilogramnya.

"Memang kalau jelang Ramadhan harga berangsur naik sampai jelang Idul Fitri nanti," katanya.

Penyebab kenaikan harga tersebut, katanya karena naiknya harga beli sapi dari peternak.

"Kita beli mahal, jadi sudah pasti kita jual dengan tinggi pula. Sebab di hari besar peternak juga menaikan harga hewan ternaknya," katanya.

Ia memperkirakan kenaikan harga daging sapi ini diperkirakan terus terjadi hingga perayaan hari raya Idul Fitri mendatang.

"Biasanya harga tetap naik dan akan kembali stabil setelah Lebaran Idul Fitri nanti," sebutnya.