Komunitas milenial Agam olah limbah jadi pupuk organik cair

id Agam, Sumbar, Padang

Komunitas milenial Agam olah limbah jadi pupuk organik cair

Limbah pasar sedang diolah menjadi pupuk organik cair.  (ANTARA/ Yusrizal)

Agam, (ANTARA) - Sekelompok generasi milenial Kabupaten Agam, Sumatera Barat, membentuk Gerakan Sampah Membawa Berkah (GensMerah) dalam mengeloah limbah pasar untuk dijadikan pupuk organik cair yang bagus untuk tanaman.

Penggagas GensMerah Agam, Fadli Rahmadi di Lubukbasung, Minggu, mengatakan pupuk organik cair itu berasal dari limbah pasar berupa sayur-sayuran yang dibuang pedagang.

"Pupuk organik cair itu merupakan target utama saya dan pupuk organik bagus untuk tanaman. Limbah lainnya bisa digunakan untuk membuat batu bata, cendramata dan lainnya," katanya.

Ia mengatakan, gerakkan ini dimulai di Lubukbasung dan pusat ibukota itu bakal dijadikan lokasi percontohan.

Recananya GensMerah Agam dengan anggota empat orang bakal turun ke Pasar Serikat Lubukbasung Garagahan untuk mengumpulkan limbah pasar.

Kegiatan itu, tambahnya, bakal dilakukan pada minggu pertama Ramadhan 1442 Hijriyah.

"Pasar di Kecamatan Lubukbasung sebagai lokasi awal kegiata," kata Pemuda Berprestasi Bidang Lingkungan Hidup Tingkat Sumbar ini.

Ia menambahkan, gerakkan itu dibentuk berawal dari limbah pasar tidak dimanfaatkan dan hanya dibuang ke tempat pembuangan akhir.

Dengan cara itu, maka limbah itu tidak menjadi nilai ekonomis bagi masyarakat.

Untuk itu, pihaknya mencoba mengumpulkan sekelompok generasi muda untuk membuat GensMerah dalam mengolah limbah pasar.

Sedangkan ilmu dalam mengolah limbah menjadi pupuk organik itu diperoleh saat kuliah di Fakultas Kehutanan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) Padang.

"Keberadaan kami salah satu edukasi bagi masyarakat, sehingga masyarakat bisa mengolah limbah dalam meningkatkan ekonomi mereka," katanya. (*)

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2021