Pulau Soeltan Kawasan Mandeh akan segera dikembangkan oleh Pemkab Pessel

id berita sumbar,berita painan,berita pessel

Pulau Soeltan Kawasan Mandeh akan segera dikembangkan oleh Pemkab Pessel

Pulau Solltan di Kawasan Mandeh.(ANTARA/HO)

Painan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan akan melakukan pengembangan kawasan Pulau Soeltan (Pulau Setan) sebagai icon pariwisata Kawasan Mandeh sebab kawasan ini selalu dikunjungi wisatawan ketika ke Kawasan Mandeh.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel Hadi Susilo Sabtu(10/4) mengungkapkan pengembangan Pulau Soeltan dengan melengkapi sarana dan prasarana pendukung dikawasan ini seperti pembangunan MCK, Musala, penataan tempat berjualan dan atraksi air .

Khusus untuk pengelolaannya akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) Bersama Mandeh Tarusan Jaya. Dengan harapan pengelolaan dilakukan secara profesional sehingga penataan kawasan pulau lebih teratur.

"Setiap nagari yang ada di Kecamatan Koto XI Tarusan menjadi pemilik modal Bumnag Bersama Mandeh Tarusan Jaya,dan nantinya modal itu digunakan untuk pengembangan Kawasan Mandeh dan salah satunya adalah Pulau Soeltan/Pulau Setan," ujarnya

Ditambahkannya sekarang ini sedang dilakukan seleksi oleh Badan Koordinasi Antar Nagari (BKAN) Kecamatan Koto XI Tarusan untuk mencari Pengelola Bumnag(Direktur Bumnag) yang nantinya bertanggungjawab untuk pengelolaan dan pengembangan Kawasan Wisata yang ingin dikembangkan nantinya.

"Pengembangan ini kita lakukan untuk menambah sarana dan prasarana serta menambah atraksi wisata di Kawasan Mandeh sehingga wisatawan semakin meningkat dan semakin nyaman,"ujarnya

Ditambahkannya ini akan segera direalisasikan minimal lebaran telah bisa berjalan dan bisa menjadi daya tarik baru bagi wisatawan . Sebab setiap hari ramai dikunjungi bahkan ketika libur panjang .

Seperti diketahui Pulau Soeltan sebagai lokasi yang menjadi favorit wisatawan ketika mengeliling Kawasan Mandeh menggunakan boat.

Dikawasan ini biasanya wisatawan bisa melakukan atraksi wisata seperti makan siang, berenang, shalat, hiking hingga atraksi wisata air seperti Banana Boat/donat boat. Kawasan ini memiliki pantai yang bersih, indah dan sangat nyaman bagi wisatawan untuk berenang dan bersantai.
Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2021