Warga Padang Ziarah Makam Sambut Ramadan

id berita sumbar,berita padang

Warga Padang Ziarah Makam Sambut Ramadan

Jelang Ramadhan, tradisi ziarah kubur tetap digelar warga Padang

Padang (ANTARA) - Warga Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat ramai berkunjung untuk ziarah kubur seperti yang terlihat di ke TPU Tunggul Hitam seraya membersihkan makam dan berdoa sebagai tradisi yang lazim dilaksanakan menjelang datangnya puasa ramadan.

Saat berziarah, warga membawa bunga dan air mawar mereka mengawali membersihakn makam serta menaburkan bunga yang mereka bawa lalu menyiram pusara mengunakan air mawar. Selanjutnya, kegiatan tersebut ditutup dengan membacakan doa disekitar pusara kerabat mereka.

Warni (40) seorang peziarah di TPU Tunggul Hitam mengatakan ia dengan keluarganya rutin berziarah ke makam kerabat dan keluarganya jelang memasuki bulan suci ramadan maupun jelang lebaran idul fitri.
Warga Padang Ziarah Makam Sambut Ramadan


”Kami setiap tahun menjelang bulan puasa pasti menyempatkan diri untuk berdoa langsung disini, dan bersihin makam. Ini sebagai bentuk hormat kami kepada orangtua kami," katanya.

Tidak hanya peziarah dari Kota Padang saja ada juga yang dari luar kota untuk mengunjungi makam keluarga mereka yang sudah tiada ke TPU Tunggul Hitam.

Seorang peziarah dari Bukittingi Syahrial (60) datang bersama anak dan cucunya untuk berziarah ke makam orang tuanya. Ia mengaku senang bisa berziarah ke makam orang tuanya tahun ini, karena ditahun sebelumnya dia tidak datang lantaran Pandemi Covid-19.

“Tahun kemarin saya tidak berziarah ke makam orang tua saya karena Kota Padang sedang menerapkan lock down, sekarang kami merasa bahagia bisa mendoakan almarhumah sebelum memasuki bulan suci ramadan,” ujarnya.

Tak hanya ramai peziarah, TPU Tunggul Hitam juga ramai pedagang bunga ziarah musiman disepanjang jalan.
Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar