Selama Ramadhan, kegiatan ini dilaksanakan Kemenkumham Sumbar di Lapas dan Rutan

id berita padang,berita sumbar,lapas

Selama Ramadhan, kegiatan ini dilaksanakan Kemenkumham Sumbar di Lapas dan Rutan

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Sumbar, R Andika Dwi Prasetya. (Antarasumbar/Fathul Abdi)

Kita tahu keinginan untuk meningkatkan ibadah dalam bulan puasa tidak hanya ada pada masyarakat di dunia bebas, tapi juga warga binaan,
Padang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Sumatera Barat (Kemenkumham Sumbar) akan menjalankan kegiatan "Pesantren Ramadhan" di Lembaga Pemasayarakatan (Lapas) serta Rumah Tahanan Negara (Rutan) selama bulan puasa.

Hal itu dilakukan untuk memfasilitasi para warga binaan baik narapidana ataupun tahanan muslim untuk melaksanakan kegiatan keibadatannya.

"Pesantren Ramadhan itu akan dijalankan, namun dengan memperhatikan protokol kesehatan dalam memutus mata rantai penularan COVID-19," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar, R Andika Dwi Prasetya di Padang, Rabu.

Ia mengatakan program tersebut diadakan pihaknya untuk memfasilitasi narapidana atau tahanan muslim yang hendak memperbanyak kegiatan ibadah selama bulan puasa.

"Kita tahu keinginan untuk meningkatkan ibadah dalam bulan puasa tidak hanya ada pada masyarakat di dunia bebas, tapi juga warga binaan. Sehingga kami memfasilitasi," katanya

Beberapa kegiatan yang disiapkan seperti baca-tulis Al-Quran, tadarus, serta ceramah agama dengan menghadirkan penceramah dari luar.

"Untuk penceramah kami akan menjalin kerjasama dengan instansi terkait seperti Kanwil Kemenag baik di tingkat provinsi ataupun kabupaten atau kota," katanya.

Selan itu, katanya ada satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan yang akan menggelar lomba MTQ antar narapidana se-Sumbar.

Rencananya even itu akan dilakukan di Rutan Padangpanjang.

Kanwil Kemenkumham Sumbar membentuk tim khusus yang akan mengawal kegiatan keibadatan di Lapas atau Rutan selama Ramadhan.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar