Pemkot Payakumbuh perketat prokes untuk antisipasi ramainya pasar jelang Ramadhan

id payakumbuh,protokol kesehatan

Pemkot Payakumbuh perketat prokes untuk antisipasi ramainya pasar jelang Ramadhan

Petugas ketentraman dan ketertiban (trantib) Bidang Pasar Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh saat melakukan sosialisasi dan mengecek penegakan protokol kesehatan di pasar. (Antara/HO-Bidang Pasar)

​​​​​​​Payakumbuh (ANTARA) - Mengantisipasi meningkatnya kunjungan pasar menjelang dan saat Ramadhan, Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh, Sumatera Barat akan memperketat pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) bagi pengunjung dan pedagang pasar.

Kepala Bidang Pasar Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh Arnel di Payakumbuh, Rabu mengatakan pihaknya akan menyiapkan petugas di seluruh pintu masuk ke pasar.

"Pada pagi hari pukul 06.00 WIB, petugas ketentraman dan ketertiban (trantib) akan berada di empat pintu masuk Pasar Ibuh," katanya.

Selanjutnya, pada pukul 10.00 WIB petugas trantib akan bergerak ke pusat pertokoan di Pasar Atas Payakumbuh untuk menegakan pelaksanaan prokes.

"Kami setiap harinya juga terus melakukan sosialisasi kepada pedagang dan pengunjung pasar dengan langsung bergerak menyusuri pasar dan langsung menegur baik pedagang maupun pengunjung yang tak punya masker," ujarnya.

Ia mengatakan pihaknya juga telah menyediakan tempat cuci tangan di pintu masuk menuju pasar, baik di Pasar Atas atau pun di Pasar Ibuh.

"Kalau di Pasar Atas, kita kan memang memiliki wastafel sejak 2017, selama ini kendalanya adalah sumber airnya lemah. Kali ini dihidupkan oleh dinas dengan disediakan juga sabun cuci tangan di sana untuk dapat dimanfaatkan," ujarnya.

Sedangkan untuk di Pasar Ibuh pihaknya juga menyediakan tempat cuci tangan di setiap gerbang masuk pasar dengan meletakan tangki air yang telah diberi keran dan sabun.

Ia mengatakan penegakan pelaksanaan prokes juga didukung penuh oleh kelompok-kelompok pedagang dan beberapa kali kelompok tersebut juga membagikan masker kepada pengunjung dan pedagang.

"Mudah-mudahan upaya kita ini dapat menghentikan penyebaran COVID-19 di Payakumbuh sehingga tidak ada kasus nantinya di Payakumbuh," kata dia.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar