Wabup memperkirakan normalisasi Sungai Batang Tapan butuh anggaran sebesar ini

id berita pesisir selatan,berita sumbar,sungai

Wabup memperkirakan normalisasi Sungai Batang Tapan butuh anggaran sebesar ini

Penanggulan sementara Sungai Batang Tapan. (Antarasumbar/HO Humas Pemkab Pesisir Selatan)

Saat ini upaya penanggulangan dilakukan dengan cara melakukan pembersihan, dan pengerukan sungai sepanjang 180 meter,
Painan (ANTARA) - Waki Bupati (Wabup) Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Rudi Hariyansyah mengatakan, proyek normalisasi Sungai Batang Tapan dalam upaya meminimalkan banjir akibat luapan sungai tersebut akan membutuhkan anggaran mencapai Rp163 miliar.

"Berdasarkan kajian dari tim teknis normalisasi dan penguatan tebing membutuhkan dana Rp163 miliar," kata Rudi Hariyansyah di Painan, Selasa.

Mewujudkan proyek tersebut, pihaknya telah mengajukan proposal ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi.

Hanya saja karena dana dari pemerintah pusat masih menunggu persetujuan, maka pihaknya melakukan penanggulan sementara.

"Saat ini upaya penanggulangan dilakukan dengan cara melakukan pembersihan, dan pengerukan sungai sepanjang 180 meter," sebutnya.

Kegiatan itu dilakukan dengan memanfaatkan dana operasional dan pemeliharaan sungai di Dinas PSDA setempat 2021.

Kepala Dinas PSDA Pesisir Selatan, Doni Gusrizal menyebut Sungai Batang Tapan memiliki panjang 68 kilometer dengan beberapa anak sungai.

Ia menyebut, upaya pengendalian banjir Sungai Batang Tapan telah dilakukan sebelumnya, salah satunya ialah membuat Detail Engineering Design (DED pada 2019.

Pada 2020, lanjutnya sudah dianggarkan Rp49 miliar untuk normalisasi Sungai Batang Tapan, namun gagal direalisasikan karena dana tersebut tersedot untuk penanganan pandemi COVID-19.

"Mudah mudahan pemerintah pusat segera mengabulkan proposal yang diajukan," imbuhnya.