Di Solok Selatan ada oknum minta data dengan tidak sopan dan mengatasnamakan BPS, masyarakat diimbau mewaspadainya

id berita solok selatan,berita sumbar,bps

Di Solok Selatan ada oknum minta data dengan tidak sopan dan mengatasnamakan BPS, masyarakat diimbau mewaspadainya

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Solok Selatan, Abdul Razi. (Antarasumbar/Erik Ifansya Akbar)

Intinya masyarakat jangan menanggapi permintaan data yang mengatasnamakan BPS apabila yang meminta tidak jelas identitasnya,
Padang Aro (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Solok Selatan, Sumatera Barat mengimbau masyarakat untuk mewaspadai oknum yang tidak bertanggung jawab meminta data melalui telepon selular mengatasnamakan BPS.

"Sudah ada dua kali kejadian oknum yang mengatasnamakan BPS meminta data kepada penyuluh pertanian dan bahasanya juga tidak sopan sehingga masyarakat diimbau waspada dan tidak percaya kalau tidak ada surat tugasnya," kata Kepala BPS Solok Selatan Abdul Razi, di Padang Aro, Senin.

Sampai saat ini, katanya belum diketahui modus dari oknum tersebut dan juga belum ada laporan kerugian yang di alami masyarakat.

Dia mengatakan, setiap petugas survei BPS dilengkapi dengan surat tugas serta atribut lainnya dan kalau masih meragukan bisa langsung datang ke kantor BPS.

Selain itu, petugas dari BPS yang akan melakukan survei atau sensus pasti melaporkan diri kepada perangkat desa minimal Kepala Jorong.

"Intinya masyarakat jangan menanggapi permintaan data yang mengatasnamakan BPS apabila yang meminta tidak jelas identitasnya," ujarnya.

Dia berharap, masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan dan setiap petugas BPS yang dilengkapi dengan surat tugas serta atribut lainnya.

Hal ini, karena setiap data yang dihasilkan oleh BPS bermanfaat untuk pembangunan serta peningkatan ekonomi oleh pemerintah.

"Kami berharap masyarakat berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan BPS karena data yang dihasilkan bermanfaat bagi pemerintah dan jangan mempercayai oknum yang mengatasnamakan BPS tetapi tidak memiliki identitas jelas," ujarnya.

Dia menambahkan, pada 2021 BPS akan melakukan sensus penduduk lebih rinci atau long form dan diharapkan partisipasi masyarakat agar data yang dihasilkan optimal.