Wushu Sumbar tingkatkan kualitas pelatih, wasit dan juri melalui pelatihan

id Wushu sumbar

Wushu Sumbar tingkatkan kualitas pelatih, wasit dan juri melalui pelatihan

Pelatihan pelatih, wasit dan juri yang digelar Wushu Indonesia Sumatera Barat ((ANTARA/ HO- Wushu Sumbar))

Padang (ANTARA) - Wushu Indonesia (WI) Sumatera Barat menggelar pelatihan untuk meningkatkan kualitas pelatih, wasit dan juri dari berbagai daerah di Sumatera Barata.

Ketua WI Sumbar Kompol Yanisman di Padang, Sabtu mengatakan total ada

22 peserta yang mengikuti pelatihan yang digelar dari 1-6 April 201 yang langsung ditangani instruktur dari PB WI pusat.

Ia mengatakan pelatihan ini amat penting, guna meningkatkan prestasi atlet serta kualitas pertandingan.

Selain meningkatkan prestasi dan kualiatas, pelatihan ini juga sebagai ajang silaturahmi sesama pelatih serta wasit dan juri Wushu se-Sumatera Barat.

Dirinya mengucapkan terima kasih pada Kepala Dinas PMD Sumbar, dimana telah membantu fasilitas penginap dan aula sebagai tempat pelatihan.

"Pelatihan ini kami lakukan guna meningkatkan prestasi atlet dan kualitas pertandingan dengan fasilitas yang nyaman untuk penginapan dan pelatihan, sehingga pelatihan bisa berjalan dengan baik," kata dia

Menurut dia perhatian yang diberikan Kadis PMD merupakan sebuah kehormatan pada WI Sumbar, dimana secara nyata telah membantu peningkatan prestasi, melalui pelatihan

Sementara Ketua KONI Sumbar Syaiful mengatakan akan mendukung setiap cabor yang siap untuk melakukan peningkatan prestasi atlet, demi nama baik Sumatera Barat.

"KONI Sumbar Selalu siap membantu semua cabor yang ingin meningkatkan prestasi, ini demi nama baik daerah kita Sumatera Barat," tegas Syaiful.

Kepala Bidang Prestasi Dispora Sumbar Maswar mengatakan dinas pemuda dan olahraga siap untuk nekerja sama dalam berbagai kegiatan olahraga, termasuk dalam pelatihan, baik pelatih, wasit, juri maupun atlet.

"Semua ini dilakukan agar semua cabor bisa selalu meningkatkan prestasi, dan Dispora siap untuk mendukung demi nama baik Sumatera Barat," kata dua

Kordiv Humas WI Sumbar Novrianto didampingi ketua panitia Dewi dan wakil Roni mengatakan, WI Sumbar akan selalu menjalin kerja sama dengan berbagai pihak guna mengangkat nama besar olah raga ini dikancah nasional, untuk membawa nama baik daerah Sumatera Barat.

"Kami akan berupaya melakukan kerja sama dengan berbagai pihak, guna meningkatkan prestasi Wushu, yang akan mengangkat daerah ini, dikancah nasional ataupun internasional, sehingga generasi mendatang tetap semangat dalam berolah raga," kata dia.

Ia mengatakan pelatihan selama lima hari ini akan dinilai langsung para instruktur, maka yang tidak serius harus terima jika dinyatakan tidak lolos.

"Peserta yang tidak lolos harus mengikuti pelatihan berikutnya," kata dia

Ia mengatakan, sesuai instruksi ketua pengurus WI Sumbar saat ini akan melakukan seleksi secara objektif dalam memilih atlet yang akan bertarung pada berbagai event.

"Atas instruksi ketua WI Sumbar pada pengurus saat ini, kita akan melakukan seleksi secara ketat dan objektif dalam mengirim atlet pada berbagai kegiatan, jadi hanya atlet benar-benar berprestasi yang akan terpilih, dan mohon maaf tidak ada kedekatan dalam meraih yang terbaik," kata dia.*