Sertijab lima jabatan utama, Kapolres Bukittinggi ajak personel tingkatkan keamanan warga

id Polres Bukittinggi,Sertijab

Sertijab lima jabatan utama,  Kapolres Bukittinggi ajak personel tingkatkan keamanan warga

Sertijan pejabat di Polresta Bukittinggi. (BPC Bukittinggi)

Bukittinggi (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Kota Bukittinggi , Sumatera Barat menggelar upacara serah terima jabatan untuk lima jabatan utama yang dilakukan di Mapolres setempat, Sabtu.

Kapolres Bukittinggi AKBP Doddy Prawiranegara di Bukittinggi, Sabtu, mengatakan lima jabatan utama yang di sertijabkan adalah Kabag Operasional (Ops), Kabag Sumber Daya (Sumda) , Kapolsek Banuhampu, Kapolsek Palupuh, dan Kasat Reserse Kriminal (Reskrim).

"Dalam perkembangan tantangan tugas Polri yang semakin berat dan kompleks proses mutasi adalah hal yang biasa untuk regenerasi dan memastikan berlakunya sistem pembinaan manajemen personil Polri guna mendapatkan figur yang memiliki kompetensi sebagaimana yang diharapkan, " katanya.

Kabag Operasional Polres Bukittinggi kini diisi oleh Kompol Suyatno menggantikan Kompol Partahian Pane yang dipercaya untuk mengisi jabatan Kasubbagdalprog Bagdalprogar Rorena Polda Sumbar.

Sementara Kabag Sumda sebelumnya Kompol Sunarya yang kini menjabat Kasitekintel Ditintelkam Polda Sumbar digantikan oleh Kompol Irwan Santoso.

Selanjutnya, Kasat Reskrim diisi oleh AKP Allan Budi Kusumah Katinusa menggantikan AKP Chairul Amri yang dipindahtugaskan menjadi Kapolsek Lubuk Begalung Kota Padang .

Sementara itu posisi Kapolsek Palupuh diisi oleh Iptu Ahmad Rijal menggantikan Iptu Syafri yang dipindahkan sebagai Kasatreskrim Tanah Datar.

Terakhir , Kapolsek Banuhampu kini dijabat oleh AKP Mochammad Rosidi yang sebelumnya menjabat Kasatreskrim Payakumbuh.

Kapolres menyampaikan selamat bertugas di kota wisata Bukittinggi kepada personel yang dilantik.

Dody menyampaikan bahwa mutasi bagian dari dinamika organisasi Polri yang merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab.

Dalam amanatnya, Kapolres menyampaikan bahwa Kabag Ops dan Kabag Sumda merupakan unsur pengawas dan pembantu pimpinan yang berada dibawah Kapolres dan bertanggung jawab kepada Kapolre dan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di bawah kendali Wakapolres.

" Kabag Ops juga bertugas merencanakan dan mengendalikan administrasi operasi kepolisian, pengamanan kegiatan masyarakat dan atau instansi pemerintah, menyajikan informasi dan dokumentasi kegiatan Polres serta mengendalikan pengamanan markas, " tambah Doddy.

Sedang Bagsumda bertugas melaksanakan pembinaan administrasi personil, sarana dan prasarana, pelatihan fungsi pelayanan kesehatan, bantuan dan penerapan hukum.

Selanjutnya Kasat Reskrim bertugas melaksanakan penyelidikan, penyidikan, dan pengawasan penyidikan kan rindak pidana, termasuk fungsi identifikasi dan laboratorium forensik lapangan serta pembinaan, koordinasi dan pengawasan PPNS.

Untuk Kapolsek, bertugas memimpin, membina, mengawasi, mengatur dan mengendalikan satuan organisasi di lingkungan Polsek dan unsur pelaksana kewilayahan dalam jajarannya termasuk kegiatan markas.

Kapolres juga menyampaikan kepada pejabat yang lama atas nama pimpinan dan keluarga besar Polres Bukittinggi mengucapkan terimakasih atas kerjasama, dedikasi dan pengabdian selama menjabat.