Prediksi BMKG, ini sejumlah kota besar di Indonesia yang akan diguyur

id Prakiraan cuaca, hujan ringan, BMKG, kota besar, Indonesia

Prediksi BMKG, ini sejumlah kota besar di Indonesia yang akan diguyur

Awan pekat menggelanyut dan sebagian wilayah diguyur hujan di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Sabtu (20/2/2021). ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/rwa. (ANTARA/ARNAS PADDA)

Jakarta, (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian kota di wilayah Indonesia akan diguyur hujan berintensitas ringan pada Kamis.

Dilansir melalui laman bmkg.go.id, hujan ringan terjadi di Denpasar, Bengkulu, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Pontianak, Palangkaraya, Tarakan, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, hingga Medan.

Sementara hujan disertai petir perlu diwaspadai terjadi di Kupang pada siang serta dini hari, dan Banjarmasin pada siang hari.

BMKG juga menginformasikan daerah yang akan diguyur hujan lebat, di antaranya Manado pada siang hari dan Makassar pada dini hari.

Hujan berskala sedang diperkirakan terjadi di Makasar dan Medan pada malam hari, serta Banda Aceh, Bengkulu dan Mamuju di siang hari.

Sementara sebagian kota kota lainnya di Indonesia mengalami kondisi langit yang cerah berawan.

BMKG juga melaporan prediksi suhu yang relatif dingin terjadi di Bandung berkisar antara 19 hingga 31 derajat celcius dengan tingkat kelembapan 65-95 persen.

Sedangkan suhu yang relatif panas dilaporkan melanda Jakarta Pusat mencapai 25-31 derajat celcius dengan tingkat kelembapan udara rata-rata berkisar antara 80-95 persen.

BMKG juga memperediksikan musim kemarau 2021 mulai terjadi pada April 2021 di 22,8 persen Zona Musim (ZOM) yaitu beberapa zona musim di Nusa Tenggara, Bali, dan sebagian Jawa.

"BMKG memprediksi peralihan angin monsun akan terjadi pada akhir Maret 2021 dan setelah itu Monsun Australia akan mulai aktif. Karena itu, Musim Kemarau 2021 diprediksi akan mulai terjadi pada April 2021," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. (*)