Afrizal sebut persoalan lahan hambat investasi di Sumatera Barat

id DPRD Sumbar, Padang, Sumbar

Afrizal sebut persoalan lahan hambat investasi di Sumatera Barat

Ketua Komisi III DPRD Sumbar Afrizal (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Ketua Komisi III DPRD Sumatera Barat Afrizal mengatakan persoalan lahan kerap menjadi penghambat investasi di daerah tersebut sehingga laju pembangunan tidak berjalan dengan pesat.

"Ini yang harus diperhatikan bersama apalagi dalam pembelian lahan mereka melibatkan pemerintah daerah maka urusan akan semakin rumit," kata dia.

Ia mencontohkan persoalan pembangunan Tol Padang Pariaman-Pekanbaru yang hingga saat ini masih tersendat-sendat dalam pembangunannya.

Padahal, lanjutnya jika tol itu beroperasi akan memberikan dampak signifikan terhadap roda perekonomian daerah.

"Hasil bumi di Sumbar bisa segera di kirim melalui darat dengan waktu yang lebih singkat ke provinsi tetangga," kata dia.

Ia menyarankan para investor jika ingin membeli lahan langsung kepada warga yang memilikinya dan melakukan verifikasi dengan BPN setempat maka akan lebih mudah.

Sumbar memiliki potensi yang besar terutama bidang pariwisata dan pertanian sehingga ini dapat dioptimalkan menggerakkan perekonomian.

Menurut dia kawasan Mandeh mislanya memiliki pemandangan yang begiti indah namun belum ada hotel dan resort yang dibangun di sana.

Apabila ada pembangunan tentu berdampak bagi warga setempat dan ekonomi akan jalan.

"Banyak pihak yang ingin investasi namun sering terkendala lahan dan mengalihkan investasi mereka ke provinsi lain," kata dia.