Wakil Bupati Pessel ajak instansi terkait atasi kasus stunting di Pessel

id berita pessel,berita sumbar,berita painan

Wakil Bupati Pessel ajak instansi terkait atasi kasus stunting di Pessel

Ilustrasi kegiatan rembuk stunting di Kabupaten Pesisir Selatan (ANTARA/Dok. Humas Pessel)

Painan (ANTARA) - Wakil Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Rudi Hariyansyah mengajak instansi terkait untuk bersama-sama mengatasi masalah stunting atau gagal tumbuh pada anak yang ada di daerah tersebut.

"Penanggulangan stunting memerlukan kerjasama terintegrasi dan berkelanjutan oleh lintas sektoral dan lintas program terkait, juga dukungan organisasi profesi," kata Wakil Bupati Pessel di Painan, Selasa (30/3).

Berdasarkan data elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPBGM) tahun 2020 tercatat hasil penimbangan 11,8 persen lebih rendah dari provinsi yakni 14,3 persen.

Ia mengatakan di tahun ini Kabupaten Pessel masuk daerah perluasan lokasi fokus stunting bersama sembilan kabupaten dan kota lainnya di Sumbar.

Khusus di Kabupaten Pesisir Selatan, lokasi fokus stunting ada di sembilan kecamatan dan 30 nagari.

Menurut dia Rembuk Stunting menjadi langkah penting guna memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi pencegahan dan penurunan stunting.

Penurunan stunting dapat dilakukan dengan pendekatan multisektor melalui sinkronisasi program nasional, lokal dan masyarakat di tingkat pusat maupun daerah.