Peresmian Pasar Rakyat Pariaman akan dihadiri Presiden Joko Widodo

id Pasar Rakyat Pariaman,peresmian Pasar Rakyat Pariaman,berita pariaman,pariaman terkini,berita sumbar

Peresmian Pasar Rakyat Pariaman akan dihadiri Presiden Joko Widodo

Pejalan kaki melintas di depan bangunan Pasar Rakyat Pariaman, Sumbar. (Antara/Aadiaat M.S.)

Pariaman, (ANTARA) - Peresmian Pasar Rakyat di Kota Pariaman, Sumatera Barat yang rencananya dilaksanakan hari ini ditunda untuk memaksimalkan persiapan karena peresmian akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

"Rencananya presiden yang meresmikan, jadi menyambut kedatangannya banyak yang harus dipersiapkan," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Selasa.a

Ia mengatakan persiapan yang telah dilaksanakan yaitu pemindahan pedagang dari pasar penampungan ke gedung baru Pasar Rakyat Pariaman.

Selain itu, pihaknya juga telah membongkar pasar penampungan dan membersihkan material bekas bangunannya.

"Hari ini kami membersihkan Taman Merdeka agar sekeliling tempat yang akan diresmikan presiden bisa lebih rapi," katanya.

Ia menyampaikan pihaknya sekarang menunggu jadwal pasti peresmian pasar tersebut oleh presiden dari protokoler istana, apalagi saat ini situasi nasional diperlukan perhatian lebih dari pimpinan negara.

Pada kesempatan tersebut ia juga mengatakan nantinya pasar itu akan beroperasi sampai pukul 22.00 WIB karena di lantai 4 merupakan tempat kuliner.

"Yang jelas pasar itu akan seperti mal," tambahnya.

Sebelumnya Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat mempersiapkan peresmian Pasar Rakyat Pariaman pada 30 Maret 2021 agar dapat difungsikan oleh pedagang pasar tersebut.

"Namun kemarin saya ditelepon Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempersiapkan peresmian pasar," kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar usai pelaksanaan rapat dengan pemangku kepentingan di Pariaman.

Ia mengatakan peresmian pasar tersebut juga merupakan tindaklanjut dari perintah presiden agar apapun sarana yang dibangun harus segera digunakan atau dimanfaatkan oleh masyarakat.

Selain itu, lanjutnya dengan adanya peresmian pasar dan digunakan segera maka dapat mempercepat peningkatan perekonomian di Pariaman. (*)