Stimulus listrik kuartal II alami perbedaan dari kuartal I 2021

id berita padang,berita sumbar,pln

Stimulus listrik kuartal II alami perbedaan dari kuartal I 2021

Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN UIW Sumbar Nova Sagita memaparkan tentang perubahan stimulus tarif listrik kuartal II 2021 di Padang, Senin. (Antarasumbar/Mutiara Ramadhani)

Sementara itu perkiraan jumlah penerima manfaat stimulus di Sumbar pada kuartal tersebut diperkirakan sebesar 368 ribu pelanggan,
Padang (ANTARA) - Pemberian stimulus listrik oleh pemerintah melalui PT PLN tetap berlanjut pada kuartal II April-Juni 2021, namun terjadi beberapa perubahan teknis terkait besaran stimulus yang diberikan.

"Bantuan pemerintah masih berlangsung pada periode kedua 2021 hanya saja nilai stimulusnya mulai dikurangi 50 persen dari periode pertama," kata Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN UIW Sumbar, Nova Sagita di Padang, Senin.

Ia mengatakan kebijakan itu diambil merujuk pada surat yang dikeluarkan oleh Dirjen Ketenagalistrikan nomor B-467/TL04/DIL 3/2021 pada 2 Maret 2021 perihal perpanjangan pelaksanaan diskon tarif tenaga listrik dan pembebasan biaya-biaya abonemen.

Melalui surat tersebut, terjadi beberapa perubahan kebijakan pemberian stimulus seperti pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere (VA) diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

Kemudian pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

Selanjutnya, pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

Untuk pelanggan pascabayar diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan. Sedangkan untuk pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik.

Lebih lanjut, ia mengatakan pihaknya sudah menyurati para pelanggan penerima manfaat terkait pengurangan stimulus agar bisa memahami kebijakan tersebut.

Nova mengatakan perkiraan jumlah pelanggan penerima manfaat stimulus pada kuartal II 2021 sebanyak 33,9 juta pelanggan yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

"Sementara itu perkiraan jumlah penerima manfaat stimulus di Sumbar pada kuartal tersebut diperkirakan sebesar 368 ribu pelanggan," ujar dia.

Hingga Februari 2021, realisasi program stimulus sudah diberikan kepada lebih dari 368 ribu pelanggan PLN UIW Sumbar dengan total stimulus sebesar Rp31 miliar.