Senin ini, hujan lebat disertai kilat serta angin kencang berpotensi mengguyur Sumbar

id potensi hujan,cuaca indonesia,mitigasi bencana

Senin ini, hujan lebat disertai kilat serta angin kencang berpotensi mengguyur Sumbar

Arsip Foto. Awan kelabu penanda hujan meliputi langit wilayah Ibu Kota Jakarta.(ANTARA/ANDIKA WAHYU)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia pada Senin.

Menurut prakiraan BMKG, hujan lebat disertai kilat serta angin kencang berpotensi mengguyur wilayah Sumatera Barat, Sumatera Utara, Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Wilayah Lampung, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sumatera Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan juga menghadapi potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

BMKG dalam ikhtisar cuaca hariannya menyampaikan bahwa sirkulasi siklonik terpantau di perairan utara Maluku Utara dan membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) yang memanjang di Sulawesi Tengah bagian utara hingga perairan utara Papua Barat.

Sirkulasi siklonik lain terpantau di Laut Banda. Sirkulasi siklonik itu membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Sulawesi Selatan bagian tengah hingga perairan barat daya Papua.

Menurut ikhtisar BMKG, sirkulasi siklonik juga terpantau di perairan barat Pulau Mentawai hingga pesisir timur Riau dan Jawa bagian tengah. Sirkulasi siklonik di Jawa bagian tengah membentuk daerah konfluensi yang memanjang dari Nusa Tenggara Barat hingga perairan selatan Jawa Tengah.

Kondisi tersebut, menurut BMKG, mampu meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik serta di sepanjang daerah konvergensi dan konfluensi.