17 kelompok tani di Agam dapat bantuan Alsintan pascapanen

id Berita agam, berita sumbar

17 kelompok tani di Agam dapat bantuan Alsintan pascapanen

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Ade Yusuf Thamrin kelompok tani meninjau Alsintan, Kamis (25/3). (Antara/Yusrizal)

Lubukbasung (ANTARA) - Sebanyak 17 kelompok tani di Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada 2021 mendapat bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) pascapanen dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia dalam meningkatkan pendapatan .

Kepala Dinas Pertanian Agam, Arief Restu didampingi Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Ade Yusuf Thamrin di Lubukbasung, Sabtu, mengatakan 17 kelompok tani ini medapatkan bantuan berupa mesin perontok jagung tiga unit, mesin perontok padi 13 unit dan mesin packing beras satu unit.

"17 kelompok tani ini tersebar di 16 kecamatan di daerah itu," katanya.

Ia mengatakan, saat ini bantuan itu telah diserahkan berupa mesin perontok jagung pada Kamis (25/3).

Bantuan itu untuk Kelompol Petani Mitahul Janah Kecamatan Palembayan, Kelompok Wanita Tani Sepakat Gaduik Kecamatan Tilatangkamang dan Kelompok Tani Mekar Sungai Batang Kecamatan Tanjungraya.

"Untuk mesin perontok padi dan packing beras belum sampai di Agam," katanya.

Ia menambahkan, kelompok tani yang mendapatkan bantuan itu merupakan usulan petani ke Dinas Pertanian. Syarat kelompok tani mendapatkan bantuan memiliki lahan, memiliki calon petani dan terdaftar dalam Sistim Informasi Penyuluh Pertanian

Bantuan pascapanen itu berasal dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Bantuan itu dalam rangka agar proses panen padi dan jagung cepat, hemat tenaga kerja dan menurunkan l hasil produksi yang terbuang saat panen.

Selain itu meningkatkan pendapatan petani, cepat proses tanam dan lainnya.

"Bantuan alat mesin pertanian setiap tahun didapat kelompok tani," katanya.