Wako Solok: Pers dapat menyampaikan informasi pada masyarakat dengan cepat

id berita solok,berita sumbar,rilis

Wako Solok: Pers dapat menyampaikan informasi pada masyarakat dengan cepat

Wawako Solok, Ramadhani Kirana Putra. (Antarasumbar/HO-Prokom Kota Solok)

Media massa disebut sebagai pilar keempat demokrasi karena kebebasan pers digunakan sebagai alat ukur untuk melihat demokratisasi sebuah negara,
Solok (ANTARA) - Wali Kota (Wako) Solok, Zul Elfian mengharapkan agar pers dapat menyampaikan informasi dengan cepat pada masyarakat, khususnya di Kota Solok yang dikenal sebagai kota beras serambi Madinah.

"Pemerintah memiliki keterbatasan dalam mendapatkan maupun menyebarkan informasi kepada masyarakat. Maka dengan adanya pers, informasi diharapkan dapat tersampaikan dengan cepat," kata Zul saat menggelar silaturrahmi dengan rekan-rekan Pers Kota Solok di Solok, Jumat.

Ia mengatakan prinsip kesetaraan dalam bekerja sama diperlukan diantara media dan pemerintah karena kedua pihak saling membutuhkan.

Pihak pemerintah membutuhkan peran media sebagai wadah untuk menyosialisasikan apa yang telah dikerjakan kepada masyarakat dan pihak media sendiri membutuhkan pemerintah sebagai sumber berita.

"Media massa disebut sebagai pilar keempat demokrasi karena kebebasan pers digunakan sebagai alat ukur untuk melihat demokratisasi sebuah negara," kata dia.

Menurutnya media yang netral berarti media yang bergerak secara independen, kredibel, dan mandiri dalam menjalankan tugas jurnalistiknya sehingga masyarakat tidak tertipu terhadap fakta yang sebenarnya terjadi.

"Hal inilah yang kami harapkan lahir dari adanya kemitraan media massa dengan Pemerintah Kota Solok. Bantu Kami menyampaikan informasi-informasi penting kepada masyarakat kita," ujar dia.

Selain itu, ia berpesan agar tidak memenuhi kota ini dengan berita-berita hoax yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Menurutnya peran insan pers dan media sangat besar dalam membesarkan nama pemerintah Kota Solok hingga saat ini.

Dalam kesempatan itu, Wakil Wako Solok Ramadhani Kirana Putra dalam sambutannya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kepala Dinas Kominfo beserta jajaran yang telah memfasilitasi pelaksanaan silaturrahmi antara Pemerintah Kota Solok dan awak media.

"Agenda silaturrahmi dan tatap muka ini sudah lama direncanakan namun karena sejumlah hal baru dapat terlaksana hari ini," ucapnya.

Kegiatan hari ini sekaligus mengawali perkenalan kami yang baru 26 hari menjabat sebagai Wakil Wali Kota Solok. Peran media massa dalam membentuk opini publik di era globalisasi cukup dominan.

Oleh karena itu, peluang ini harus dimanfaatkan oleh pemerintah daerah tentunya untuk mensosialisasikan program kerja dan mengumumkan keberhasilan pembangunan yang berhasil diraih.