Pemkab Pasaman Barat siapkan sarana prasarana bantu nelayan tingkatkan produksi ikan

id berita padang,berita sumbar,nelayan

Pemkab Pasaman Barat siapkan sarana prasarana bantu nelayan tingkatkan produksi ikan

Pemkab Pasaman Barat saat menyerahkan bantuan sarana prasarana kepada nelayan. Pada 2021 ini berbagai bantuan akan disalurkan dalam rangka upaya meningkatkan produksi ikan di daerah itu. (Antarasumbar/Altas Maulana)

Program bantuan nelayan itu berasal dari Dana Alokasi Khusus KKP, pokok pikiran DPRD Propinsi Sumbar dan Kabupaten Pasaman Barat serta APBD Propinsi Sumbar dan Pasaman Barat,
Simpang Empat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat, Sumatera Barat segera menyalurkan berbagai bantuan bagi nelayan dalam rangka meningkatkan produksi ikan di daerah itu pada 2021.

"Upaya meningkatkan produksi ikan tentu terus kita lakukan. Jika produksi naik maka penghasilan nelayan juga akan meningkat," kata Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Pasaman Barat, Zulfi Agus di Simpang Empat, Kamis.

Ia mengatakan diantara upaya yang akan dilakukan adalah dengan melengkapi sarana prasarana tangkap nelayan yang ada.

Menurutnya bantuan yang akan diberikan adalah mesin long tail, mesin tempel, bantuan perahu ukuran dibawah 30 GT Gross Tonage (GT), bantuan GPS, bantuan mesin diesel dan bantuan alat tangkap gill net.

Selain itu juga akan memberikan bantuan alat tangkap trammel net atau jaring udang, bantuan jaring udang double net, bantuan fish box dan bantuan becak motor pengangkut ikan.

"Program bantuan nelayan itu berasal dari Dana Alokasi Khusus KKP, pokok pikiran DPRD Propinsi Sumbar dan Kabupaten Pasaman Barat serta APBD Propinsi Sumbar dan Pasaman Barat," jelasnya.

Pihaknya pada 2021 ini menargetkan produksi ilan laut sebanyak 118.203 ton. Target itu naik dibandinglan tahun 2020 sebesar 115.290 ton.

Ia menyebutkan selain memberikan bantuan, pihaknya juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia para nelayan yang ada melalui sosialisasi dan bimbingan teknis.

"Kami optimis target produksi tahun ini bisa tercapai. Sebab, rata-rata waktu normal sekali melaut nelayan memperoleh 10 hingga 20 ton ikan," ujarnya.

Ikan yang dihasilkan di Pasaman Barat adalah tongkol, tenggiri, kakap merah, bawal, udang kelong, kerapu dan teri.

Ikan selain dipasarkan di Sumbar juga di provinsi lainnya bahkan ada yang sampai ke luar negeri seperti ikan kerapu.***1***