Pemkot Bukittinggi sediakan Pasar Pabukoan selama Ramadan 1442 Hijriah

id pasar pabukoan

Pemkot Bukittinggi sediakan Pasar Pabukoan selama Ramadan 1442 Hijriah

Ilustrasi Pasar Pabukoan (Antara/HO)

Bukittinggi (ANTARA) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Pakan menggelar Pasar Pabukoan selama Ramadan 2021/ 1442 H dalam mengakomodasi kebutuhan kuliner dan berbuka bagi warga setempat dan pendatang yang melaksanakan ibadah puasa.

"Meskipun pemerintah kota hingga saat ini belum menyediakan tempat khusus permanen untuk pasar pabukoan, namun aparat akan menyiapkan fasilitas seperti tenda dan lainnya kepada warga yang berjualan secara mandiri di beberapa lokasi dengan cara mandiri dan gotong rotong seperti di Garegeh , Simpang tembok , Guguak bulek dan lainnya," kata Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Bukittinggi Muhammad Idris di Bukittinggi, Kamis.

Sebelumnya pada 2020 pemerintah Kota Bukittinggi juga memfasilitasi pedagang menyiapkan kebutuhan berbuka puasa, namun sebagai imbas mewabahnya Covid-19 protokol kesehatan tetap diterapkan.

Idris menyatakan pihaknya tetap berupaya memberikan bantuan fasilitas bagi pedagang makanan yang menjual kebutuhan berbuka puasa dalam menghidupkan perekonomian mereka.

"Kita tetap memberikan perhatian besar kepada pedagang pasar pabukoan di kota Bukittinggi berupa pengadaan tenda berjualan dan alat protokol kesehatan serta bekerjasama dengan kepolisian juga nantinya untuk menata ketertiban pasa pabukoan agar tidak menimbulkan kemacetan," katanya.

Sebelum masa pandemi terjadi, pemerintah kota menyediakan lahan berjualan di Pasar Atas kota Bukittinggi bagi pedagang namun lokasi ini saat ini sudah menjadi lahan parkir yang sengaja disediakan untuk membuat tata kelola Pasar Atas terlihat rapi.

"Kita berharap pedagang untuk tetap berjualan dengan tertib selama bulan puasa ini serta selalu menjalankan protokol kesehatan, kami siap membantu sarana berjualan kepada pedagang sesuai aturan yang berlaku," katanya.

Pasar Pabukoan di Bukittinggi menyediakan aneka masakan khas Minang dan kapau, aneka kue-kue kering dan basah serta minuman yang menjadi daya tarik bagi warga untuk melepaskan dahaga setelah seharian menahan haus dan lapar.

Bukittinggi sebagai kota Wisata selalu menjadi pusat perbelanjaan terkhusus saat menjelang lebaran tidak hanya warga setempat dan Sumbar tapi juga dari provinsi tetangga seperti Sumatera Utara dan Riau,