Tim Geopark Talamau, Pasaman Barat latih pemuda untuk dukung pariwisata

id berita pasaman barat,berita sumbar,geo

Tim Geopark Talamau, Pasaman Barat latih pemuda untuk dukung pariwisata

Tim Geopark Talamau Pasaman Barat berfoto bersama bersama pemuda usai pelatihan dalam rangka mendukung pariwisata di daerah itu. (Antarasumbar/HO-Geopart Talamau.)

Para pemuda sekitar 16 orang bisa menghasilkan produk ekonomi kreatif terutama di bidang digital,
Simpang Empat (ANTARA) - Tim Geopark Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat memberikan pelatihan kepada para pemuda dalam rangka meningkatkan kemampuan pemuda mendukung pariwisata di daerah itu.

Ketua Percepatan Geopark Talamau, Decky H Saputra di Simpang Empat, Selasa, mengatakan kegiatan yang diadakan diharapkan dapat mendukung percepatan Geopark Talamau.

"Para pemuda sekitar 16 orang bisa menghasilkan produk ekonomi kreatif terutama di bidang digital," katanya.

Menurutnya pelatihan itu juga untuk menunjang kreativitas para pemuda Pasaman Barat baik dalam bidang UKM, content creator, advertising dan lainnya.

Pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Pasaman Barat menggelar workshop Desain Grafis, khususnya desain foto menggunakan aplikasi Photoshop.

Sementara itu Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Pasaman Barat, Devi Irawan mengatakan mendukung penuh kegiatan pelatihan itu, karena kemajuan industri pariwisata di era digital ini sangat didukung oleh penerapan IT.

Baik teknologi internet, teknologi audio visual, desain grafis dan bentuk aplikasi lainnya. Disamping itu, peningkatan ekonomi kreatif memang patut digalakkan kepada generasi milineal Pasaman Barat terutama juga dalam konsep literasi digital.

Dalam pelatihan yang diikuti 16 orang peserta dari berbagai latar bidang usaha ini, diberikan materi berupa teori dan praktik tentang editing foto, mock up product, desain media sosial, desain cover buku dan diskusi.

Rangkaian materi pelatihan desain grafis ini disajikan oleh master IT Geopark, Eko Darmawan didampingi oleh Zul Atiska Kasi Ekonomi Kreatif Bidang SDM Pariwisata Dinas Pariwisata Pasaman Barat.

Pelatihan keahlian desain grafis ini didukung oleh MRPB Peduli Pasaman Barat, Geopark Talamau, FPL Pasaman Barat, KolaborAksi Kemanusiaan Pasaman Barat De-Comp dan ZZZ Kitchen.***1***