Wali kota Sawahlunto Deri Asta Dukung Adinegoro Jadi Pahlawan Nasional, Tatap Muka PWI dan MSI Sumbar

id Deri asta,Berita sumbar,Sawahlunto

Wali kota Sawahlunto Deri Asta Dukung Adinegoro Jadi Pahlawan Nasional, Tatap Muka PWI dan MSI Sumbar

Para pengurus Masyarakat Sejarawan Indonesia Cabang Sumbar bersama PWI Sumbar bertatap muka dengan Wali Kota Sawahlunto Deri Asta dalam rangka kunjungan mengusulkan Adinegoro jadi pahlawan nasional di ruang kerja Wali Kota Sawahlunto (Antara/IST)

Padang (ANTARA) - Wali kota Sawahlunto, Deri Asta menyatakan dukungan rencana pengusulan Djamaluddin Adinegoro sebagai Pahlawan Nasional.

"Semuanya akan berjalan sesuai rencana dan terwujud berkat satu tekad dan dukungan semua pihak terkait. Lagi pula, sosok Adinegoro memang dianggap layak untuk diusulkan jadi Pahlawan Nasional serta mendapat tanggapan seperti ini ibarat pucuk dicinta ulam tiba", sebut Deri Asta saat menerima rombongan PWI Sumbar dan MSI, Senin, 22/03 di ruang kerja Wali kota yang didampingi Kadis Sosial Dr Efriyanto, MSi, serta Kabid Sosial Nurhasnah, SH, MM.

Sebelumnya, rombongan PWI Provinsi Sumbar langsung dipimpin Ketua Heranof Firdaus, Zulnadi,SH dan Rusdi Bais dari Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) dengan Ketua Dr Wannofri Samry, M Hum dan Humas Emil Mahmud.

Menurut Wali kota Sawahlunto Deri Asta, SH, bahwa sosok Djamaluddin atau Adinegoro memang dikenali sosoknya secara luas, termasuk pergerakannya.

"Bagi kalangan wartawan, namanya sudah disematkan dalam penghargaan tertinggi Anugerah Adinegoro untuk karya jurnalistik PWI," ujar Deri Asta SH.

Karenanya, Wako kembali menegaskan, bagaimana kita secara bersama dengan penuh semangat memperjuangkan putra Sawahlunto sebagai Pahlawan Nasional.

Sementara itu, Ketua MSI Cabang Sumbar, Dr Wannofri Samry mengemukakan usulan Adinegoro untuk menjadi pahlawan nasional nantinya ada mekanisme.

"Kita perlu mempersiapkan naskah akademik, yang nantinya akan diseminarkan di tingkat daerah/ Kota Sawahlunto. Sekaitan itu, langkah ini perlu adanya upaya bersama, termasuk

Dinas Sosial serta elemen masyarakat lainnya, hingga publikasi secara luas," papar Wannofri.

Pada kesempatan itu, Kadis Sosial Dr Efriyanto, MSi menyatakan kesiapan dalam menindaklanjuti hal tersebut.

"Kami tentu butuh masukan agar kegiatan nantinya betul-betul menjadi legal formal, yang dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku," papar Efriyanto.

Sampai sejauh ini keinginan untuk mewujudkan putra asal Sumatera Barat menjadi Pahlawan Nasional mulai giat dipublikasi di sejumlah . Secara naskah akademis kita percayakan kepada Masyarakat Sejarawan Indonesia Sumbar.

Ketua PWI Sumbar dan Ketua MSI sepakat dan berkomitmen untuk menjadikan Djamaluddin Adinegoro sebagai Pahlawan Nasional.(*)
Pewarta :
Editor: Maswandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar