Pesisir Selatan siapkan media untuk menampung saran dan kritik masyarakat

id berita pesisir selatan,berita sumbar,kotak

Pesisir Selatan siapkan media untuk menampung saran dan kritik masyarakat

Kotak penampung saran dan kritik di Pesisir Selatan. (Antara / HO Humas Pemkab Pesisir Selatan)

Kita ingin dalam melaksanakan roda pemerintahan ini tidak ada kesan arogansi kekuasaan,
Painan (ANTARA) - Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Emirda Ziswati mengemukakan untuk menampung saran dan kritik dari masyarakat pihaknya telah menyediakan kotak saran di depan kantor bupati setempat.

"Kotak tersebut telah tersedia sejak kemaren Rabu (17/3) yang ditempatkan di depan kantor bupati," kata dia di Painan, Kamis.

Ia menyebut, pemasangan kotak saran merupakan tindaklan instruksi Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar beberapa waktu lalu.

Penyediaan kotak saran di depan kantor bupati itu bertujuan membuka ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan saran dan kritik pada pemerintah daerah.

"Kita ingin dalam melaksanakan roda pemerintahan ini tidak ada kesan arogansi kekuasaan. Kita harus menerapkan nilai-nilai kemanusian yang ada di masyarakat. Keluhan dan harapan masyarakat harus direspon dan ditindaklajuti, karena itulah tugas pemerintah," imbuhnya.

Selain menyediakan kotak saran, pihaknya melalui Dinas Kominfo juga sedang mempersiapkan pembuatan "call center".

Hanya saja karena perlunya dukungan anggaran maka hal itu belum bisa direalisasikan dalam waktu dekat, karena lebih besar difokuskan untuk penanganan COVID-19.

Sehingga untuk sementara masyarakat dapat menyampaikan kritik dan saran dengan memanfaatkan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat e-LAPOR.

Aplikasi ini disediakan oleh KemenPAN RB yang dikelola oleh admin e-Lapor Pemkab Kabupaten Pesisir Selatan dengan alamat website www.lapor.go.id atau sms ke 1708 dengan format PESSEL spasi Pengaduan.

"Semua laporan yang masuk baik melalui kotak saran, maupun e-LAPOR akan direspon dengan baik, oleh tim setelah berkoordinasi dengan pihak terkait," imbuhnya.