Wawako Solok hadiri pencanangan bulan bakti dasawisma Kota Solok 2021

id berita solok,berita sumbar,pkk

Wawako Solok hadiri pencanangan bulan bakti dasawisma Kota Solok 2021

Wakil Wali Kota (Wawako) Solok Ramadhani Kirana Putra menghadiri pencanangan bulan bakti dasawisma Kota Solok 2021. (Antarasumbar/HO)

Dasawisma memiliki tanggungjawab dalam melaksanakan 10 program pokok PKK di daerah
Solok (ANTARA) - Wakil Wali Kota (Wawako) Solok, Ramadhani Kirana Putra menghadiri pencanangan bulan bakti dasawisma Kota Solok 2021 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19 bertempat di Balairung 99 Rumah Dinas Wali Kota Solok, Senin.

Bulan Bhakti Dasawisma Kota Solok tahun 2021 mengangkat tema 'Melalui Bulan Bakti Daswisma Kita Efektifkan Penerapan Protokol Kesehatan Serta Pemanfaatan Pekarangan Dengan Hatinya PKK Di Dasawisma.

Selain itu, Ramadhani mengatakan apabila setiap kelompok dasawisma di kelurahan dapat diberdayakan bersama dengan pemerintah dan ia meyakini kualitas kehidupan masyarakat dapat meningkat.

Menurut dia lal ini dikarenakan program-program yang dilaksanakan oleh kelompok dasawisma betul-betul menyentuh kehidupan masyarakat, serta dapat meminimalisir permasalahan sosial yang terjadi di tengah masyarakat seperti perceraian, pergaulan bebas dan lain-lainnya.

Dasawisma memiliki tanggungjawab dalam melaksanakan 10 program pokok PKK di daerah. "Apabila kader dasawisma betul-betul menghayati dan melaksanakan tugas dengan baik, setidaknya mereka dapat membina 10 sampai 20 KK per dasawisma," katanya.

Untuk pelaksanaan sosial kemasyarakatan, agama dan budaya inilah, sangat dibutuhkan peran PKK dan dasawisma dalam membantu tugas pemerintah.

Wawako juga mengajak kaum ibu yang bergabung dengan PKK di seluruh Kota Solok, untuk dapat bergotong royong membantu pemerintah guna meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan, karena PKK dan kelompok dasawisma merupakan motor penggerak dan ujung tombak dari gerakan PKK dan berperan aktif dalam membudayakan hidup sehat.

PKK dan dasawisma sangat penting. Tanpa keduanya, pemerintah tidak bisa apa-apa. Bagi pemerintah daerah, PKK dan Dasawisma merupakan mitra kerja, yang berkaitan langsung dengan hidup serta kehidupan masyarakat.

Ia juga mengatakan pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma ini mempunyai makna dan peranan strategis untuk menjadikan dasawisma sebagai motor penggerak pencapaian program pokok PKK.

"Melalui pencanangan ini, kita berharap Dasawisma dapat terus meningkatkan perannya membantu program pemerintah, terutama dalam peningkatan kesejahteraan keluarga dan pemberdayaan masyarakat," ujarnya.

Selanjutnya, diharapkan seluruh OPD dan stakeholder terkait dapat saling bersinergi untuk menyukseskan Bulan Bhakti Dasawisma Kota Solok Tahun 2021 ini.

Ketua TP PKK Kota Solok, Zulmiyetti Zul Elfian mengatakan bulan Bhakti Dasawisma ini bertujuan untuk memberdayakan dan mengaktifkan lagi seluruh dasawisma-dasawisma yang ada di Kota Solok.

"Saat ini terdapat sebanyak 516 dasawisma yang tersebar di Kota Solok. Namun, belum semua yang aktif bergerak. Dikarenakan saat ini masih dalam keadaan pandemi COVID-19, semoga tahun ini bisa berjalan maksimal dan berfungsi kembali seluruh dasawisma di Kota Solok," ucapnya.

Ia mengharapkan agar dasawisma dapat memberdayakan pekarangan masing-masing untuk membentuk ekonomi keluarga lebih baik. "Hijaukan pekarangan guna bernilai ekonomis," ujar dia.