DPRD Padang gelar Paripurna LKPJ

id berita padang,berita sumbar,hendri

DPRD Padang gelar Paripurna LKPJ

Plt. Wali Kota Padang, Hendri Septa saat menyampaikan nota LKPJ 2020 kepada DPRD Padang di Padang, Senin. (Antarasumbar/Mutiara Ramadhani)

LKPJ yang disampaikan ini pada hakikatnya adalah laporan atau informasi tentang hasil dan capaian program kegiatan atas pemanfaan keuangan daerah,
Padang (ANTARA) - DPRD Padang menggelar Rapat Paripurna DPRD Kota Padang tentang laporan keterangan pertanggung jawaban (LKPJ) tahun 2020, Senin, di Gedung DPRD Padang.

Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani di Padang, Senin, mengatakan setelah Plt Wali Kota menyampaikan LKPJ 2020, pihak DPRD akan menindaklanjuti dengan dibentuknya pansus untuk pembahasan LKPJ tersebut.

"Setelah pansus dibentuk nanti mereka akan memberikan rekomendasi dan itu akan kami sampaikan kepada pemerintah kota yang dalam hal ini pada Wali Kota Padang," kata dia.

Ia berharap pansus bisa bekerja secara maksimal sehingga pihaknya bisa mendapatkan poin-poin yang perlu diperbaiki dan tingkatkan untuk Kota Padang ke depan.

Dalam rapat tersebut Plt Wali Kota Padang, Hendri Septa menyampaikan tujuan dari penyampaian LKPJ ini adalah dalam rangka penguatan pelaksanaan otonomi daerah, sebagaimana yang dimaksudkan dalam Undang-undang No.23 Tahun 2014.

"LKPJ yang disampaikan ini pada hakikatnya adalah laporan atau informasi tentang hasil dan capaian program kegiatan atas pemanfaan keuangan daerah. Sebagaimana yang telah disepakati bersama antara pemerintah daerah dan DPRD," kata dia.

Hendri mengatakan laporan itu merupakan wujud nyata bentuk akuntabilitas publik, dari penyelenggaraan pemerintahan oleh kepala daerah kepada DPRD sebagai lembaga resmi yang mewakili masyarakat.

Ia menyebutkan akibat kondisi pandemi pada 2020 maka anggaran banyak yang sudah dievaluasi targetnya seperti target pendapatan menjadi Rp2,3 triliun dan terealisasi Rp2,16 triliun.

"Alhamdulillah sudah 90 persen target pendapatan tercapai, begitu juga dengan target belanja yang berada diatas 89 persen," ujar dia.

Ia berharap di 2021 ini target tersebut bisa lebih tingkatkan lagi. Selain itu, pihaknya akan berupaya selalu bersama dengan stakeholder lainnya untuk meningkatkan ekonomi kota Padang.

Ia meminta kepada masyarakat yang berusaha meningkatkan ekonomi di tengah pandemi untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

"Alhamdulillah Kota Padang masih berada pada zona kuning atau zona aman dan ini harus kita pertahankan bersama-sama," ucapnya.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021