Pemkot Solok akan gratiskan biaya sekolah bagi siswa tingkat SMA dan SMK

id berita solok,sekolah solok,sma solok,smk solok,sekolah gratis solok

Pemkot Solok akan gratiskan biaya sekolah bagi siswa tingkat SMA dan SMK

Wali Kota Solok Zul Elfian (Antara/HO)

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat akan menggratiskan biaya sekolah bagi siswa tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di kota itu.

"Saat ini, biaya sekolah yang gratis di Kota Solok hanya sampai tingkat SMP," ujar Wali Kota Solok Zul Elfian di Solok, Selasa.

Ia mengharapkan dukungan dari Pemerintah Provinsi Sumbar untuk melancarkan program tersebut, karena saat ini SMA dan SMK berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Sumbar.

Hal itu disampaikan Zul Elfian pada saat menjabarkan program dan prioritas utama pembangunan Kota Solok dihadapan Gubernur Provinsi Sumatera Barat di Auditorium Gubernur Sumbar.

Kegiatan tersebut dalam rangka rapat koordinasi gubernur dengan seluruh bupati dan wali kota se-Sumatera Barat guna sinkronisasi program dan kegiatan pembangunan provinsi dan kabupaten/kota di Sumatera Barat pada 2022 mendatang.

Selain itu, Zul juga mengatakan saat ini Kota Solok masih mengejar ketertinggalannya dari kota lain yang dinilai telah cukup berkembang.

Lebih lanjut Zul menyampaikan terkait program ke depannya di Kota Solok, yakni tentang Balai Benih Ikan Sarasah Batimpo di Kelurahan Laing yang akan dijadikan sentra bibit, dan tidak hanya untuk Kota Solok, namun juga untuk daerah sekitar.

"Tidak hanya itu, objek wisata Pulau Belibis ke depannya juga akan dikembangkan. Karena potensi Pulau Belibis sangat bagus untuk menjadi pariwisata andalan Kota Solok," ujar dia.

Selanjutnya, Pengadaan alat Area Traffic Control System (ATCS) di Simpang Rumbio, pengadaan alat pengujian kendaraan bermotor, serta optimalisasi jalan Simpang Rumbio sampai Simpang Pulai merupakan jalan provinsi yang sangat padat, terutama di pagi dan siang hari.

Ia juga akan melanjutkan pembangunan RSUD Kota Solok. Di mana saat ini bangunan Instalasi Gawat Darurat dan Instalasi Rawat Jalan telah selesai. Pembangunan Instalasi rawat inap belum jadi dikerjakan karena adanya Recofusing anggaran 2020 akibat pandemi COVID-19.

"RSUD yang berdiri di atas areal lahan tiga hektare tersebut, diharapkan dapat beroperasi pada 2022 nanti," ucap dia.

Terakhir, penyelesaian GOR Laing yang bertujuan untuk menunjang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2024, semenjak berdiri Kota Solok akan bertindak sebagai tuan rumah Porprov.

"Tentunya bantuan alokasi dana sangat dibutuhkan Pemkot Solok untuk mengejar ketertinggalan dari daerah lain di Provinsi Sumatera Barat," ujar Zul.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan usulan yang telah disampaikan wali Kota Solok tersebut akan diusahakan untuk diakomodir nantinya.

Selain itu, ia mengatakan khusus jalan Simpang Rumbio-Simpang Pulai agar segera ditingkatkan, karena menyangkut kenyamanan masyarakat. Apalagi di sana juga terdapat akses menuju RSUD M Natsir.

"Kita harus memberikan kenyamanan kepada masyarakat Kota Solok," ujar dia.