Disdik Payakumbuh telah sediakan insentif untuk guru honorer PAUD

id Disdik Payakumbuh,berita payakumbuh,berita sumbar,paud payakumbuh

Disdik Payakumbuh telah sediakan insentif untuk guru honorer PAUD

Kepala Bidang PAUD dan PNFI Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Syafni Husni. (Antarasumbar/Akmal Saputra)

Payakumbuh (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh, Sumatera Barat melalui Dinas Pendidikan telah menyediakan insentif bagi para tenaga pendidik atau guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) non PNS dan non sertifikasi yang telah terdata di instansi tersebut.

Kepala Bidang PAUD dan PNFI Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Syafni Husni di Payakumbuh, Selasa mengatakan bahwa Pemko Payakumbuh sudah menganggarkan insentif guru PAUD dari APBD sejak 2011, mereka adalah guru PAUD di kelurahan dan TK swasta.

"Kita masih ingat dulu di awal-awal yang dapat insentif hanya pendidik PAUD saja, jumlahnya 150.000 per bulan. Dengan tahun berjalan, terjadi peningkatan setiap tahun secara signifikan, hal ini tentu dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah daerah yang peduli terhadap dunia pendidikan PAUD" katanya.

Ia mengatakan saat ini tenaga pendidik yang telah terdaftar di Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh berjumlah 334 orang. Sedangkan untuk insentif disesuaikan dengan masa bakti dari tenaga pendidik tersebut.

Pada tahun 2021, insentif yang diberikan untuk yang sudah berbakti lebih dari 10 tahun mendapat insentif Rp800 ribu perbulan.

Sementara itu untuk yang telah berbakti lima sampai sembilan tahun mendapat Rp700 ribu perbulan dan yang berbakti dua sampai empat tahun Rp550 ribu perbulan dan yang satu tahun Rp450 ribu perbulan.

"Namun, mereka harus memenuhi syarat utama yaitu terdaftar di data pokok PAUD Pendidikan Masyarakat, atau yang kita sering sebut Dapodik," katanya.

Ia mengatakan saat ini masih ada satuan PAUD yang belum memperbarui data Dapodik, sehingga konsekuensinya pendidik dan tenaga kependidikannya tidak bisa menerima insentif dari Pemko meski sudah berbakti lebih dari 8 tahun.

"Sebenarnya, perhatian Pemko Payakumbuh dalam mensejahterakan pendidik dan tenaga kependidikan PAUD sudah cukup baik, mengingat hanya beberapa kota/kabupaten saja di Sumatera Barat yang berani mengalokasikan insentif dari APBD," ujarnya.

Selanjutnya, ia mengimbau dan mengajak TK swasta di Payakumbuh untuk ikut bersama Pemkot memperhatikan kesejahteraan tenaga pendidik PAUD-nya.

"Pemko sudah memberi insentif sesuai tingkatan masa bakti, sekolah swasta juga dapat menambah honor mereka, agar semangat moril tenaga pendidik PAUD kita meningkat, karena kesejahteraan mereka terperhatikan," katanya.

Saat ini ada empat TK Negeri di Payakumbuh, yakni TK Pembina Barat, TK Pembina Timur, TK Pembina Utara, dan PAUD Percontohan.