Realisasi vaksinasi COVID-19 nakes di Pariaman capai 100 persen

id berita pariaman,berita sumbar,vaksin pariaman,dinkes pariaman,covid 19 pariaman

Realisasi vaksinasi COVID-19 nakes di Pariaman capai 100 persen

Dua petugas mengangkat vaksin COVID-19 untuk disimpan tempat khusus di gudang farmasi Pariaman, Sumbar.(Antara/Aadiaat M. S)

Pariaman (ANTARA) - Walikota Pariaman, Sumatera Barat Genius Umar mengatakan realisasi vaksinasi COVID-19 untuk tenaga kesehatan (nakes) di daerah itu telah mencapai 100 persen sehingga pemerintah setempat saat ini melaksanakan vaksinasi kepada pihak lainnya yang bertugas di bidang pelayanan publik.

"Vaksin ini adalah solusi agar kita keluar dari pandemi," kata Genius Umar di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan pemerintah telah melakukan kajian yang mendalam terkait dengan program vaksinasi tersebut sehingga sebagai masyarakat dan pejabat harus ikut divaksin agar bangsa ini keluar dari pandemi.

Untuk hari ini sedang dilakukan vaksinasi terhadap anggota TNI di Kodim Pariaman yang setelah itu akan dilanjutkan ke pejabat dan pihak yang bergerak di bidang pelayanan publik lainnya.

"Jika ada ASN atau pebajat yang tidak mau divaksin kita sanksi," katanya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Nazifah mengatakan jumlah tenaga kesehatan di daerah itu yang telah divaksin COVID-19 mencapai 1.084 orang.

"Jadi semuanya telah divaksin, nanti kita lanjutkan ke pejabat publik, ASN, anggota DPRD, dan guru" ujarnya.

Pihaknya meminta warga di daerah itu untuk ikut menyukseskan program vaksinasi dan tidak percaya dengan isu negatif terkait dengan vaksin COVID-19.

Sebelumnya, Realisasi vaksinasi COVID-19 untuk tenaga kesehatan (nakes) di Kota Pariaman, Sumatera Barat hingga Selasa (16/2) mencapai 64,56 persen dari 1.084 orang nakes yang harus mengikuti program tersebut.

"Insyaallah 22 Februari 2021 seluruh nakes di Pariaman selesai divaksinasi," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Nazifah di Pariaman.

Ia mengatakan untuk mencapai target tersebut pihaknya melaksanakan vaksinasi massal terhadap nakes di Pariaman.

Pihaknya menyampaikan hingga Selasa (16/2) nakes yang sudah divaksin-1 telah mencapai 581 orang sedangkan yang vaksin kedua mencapai 66 orang.

"Hari ini ada vaksinasi massal di RSUD Sadikin, mungkin hari ini ada sekitar 100 lagi penambahan nakes yang sudah divaksin," ujarnya.