Anggota DPR RI ajak para tokoh Sumbar galakan vaksinasi

id Darul Siska, vaksin, tokoh masyarakat, halal, MOU, BPOM

Anggota DPR RI ajak para tokoh Sumbar galakan vaksinasi

Anggota DPR RI Fraksi Golkar H Darul Siska saat sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ke puluhan wartawan di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Minggu. (Antara/Mutiara)

Padang (ANTARA) - Anggota Komisi IX DPR RI Darul Siska mitra bidang kesehatan, ketanagakerjaan, dan kependudukan, mengajak para tokoh di Sumatera Barat ikut menggalakkan vaksinasi kepada masyarakat.

"Saya mengajak masing-masing tokoh baik tokoh agama, pemerintah maupun tokoh masyarakat seyogianya membantu masyarakat untuk memahami langkah-langkah vaksinasi," kata Darul Siska dari Fraksi Golkar di Padang, Minggu.

Ia mengatakan vaksinasi adalah langkah bersama yang harus dilakukan dalam rangka mewujudkan herd immunity sekaligus memutus mata rantai pandemi.

Darul menyebutkan berdasarkan survei yang diterimanya bahwa sebanyak 28 persen masyarakat Sumbar menolak divaksin dan 20 persen lagi masih ragu-ragu.

Untuk itu menurut Darul, para tokoh di Sumbar mesti ikut untuk mendorong masyarakat agar paham tentang vaksin COVID-19 sehingga tidak ada lagi yang menolak ataupun ragu untuk divaksin.

Meskipun masyarakat sudah mulai disiplin menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak tapi hal itu belum bisa menuntaskan pandemi.

"Dengan vaksin kita harapkan masyarakat punya imunitas sehingga kita kembali pada kehidupan yang lebih leluasa dan ekonomi bisa kembali bergerak," ucapnya.

Terkait wartawan di Padang yang akan menerima vaksin dalam beberapa hari ke depan ia berharap mestinya lebih cepat wartawan mendapat vaksin.

Sebab lanjutnya, wartawan berhubungan dengan banyak orang dari berbagai latar belakang dan itu paling rawan untuk terpapar COVID-19.

"Semoga walaupun belum di vaksin semua wartawan sehat apalagi kalau sudah di vaksin semua pasti imunitasnya akan lebih terjamin dan tidak tertular oleh COVID-19," ujar dia.

Sementara itu, ia mengatakan bahwa dirinya sudah melakukan vaksin. Ia yakin divaksin karena vaksin tersebut sudah terjamin kehalalannya oleh MUI serta sudah dijamin aman oleh BPOM.