LLDIKTI serahkan SK penetapan Badan Penyelenggara STKIP Sumbar

id BERITA SUMBAR,BERITA PADANG,BERITA LLDIKTI

LLDIKTI serahkan SK penetapan Badan Penyelenggara STKIP Sumbar

Penyerahan Surat Keputusan (SK) Mendikbud tentang penetapan badan penyelenggara Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sumatera Barat kepada Ketua Badan Pelaksana Harian STKIP PGRI Sumatera Barat Dr. Dasrizal di ruang sidang lantai 2, Kamis (4/3).

Padang (ANTARA) - Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Dr Herri, MBA didampingi Sekretaris Lembaga Yandri, MH menyerahkan Surat Keputusan (SK) Mendikbud tentang penetapan badan penyelenggara Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sumatera Barat.

SK Mendikbud itu itu diterima oleh Ketua Badan Pelaksana Harian STKIP PGRI Sumatera Barat Dr. Dasrizal di ruang sidang lantai 2, Kamis (4/3).

"Dalam SK itu disebutkan bahwa Mendikbud menetapkan Perkumpulan Persatuan Guru Republik Indonesia sebagai badan penyelenggara Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat," kata Prof Herri.

Penyerahan SK penetapan badan penyelenggara STKIP PGRI Sumatera Barat itu juga disaksikan secara daring oleh Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Prof Dr Unifah Rosyidi, M.Pd.

Prof. Unifah dalam mengatakan bahwa PGRI secara nasional tidak hanya bergerak di bidang pendidikan dasar dan menengah, tetapi juga aktif di pendidikan tinggi sebagai alat perjuangan bagi masa depan bangsa melalui anak didik kita.

“Sebagai orang tua, saya mengingatkan bahwa jatuh bangun dalam sebuah organisasi merupakan hal biasa. Namun, prinsip memajukan pendidikan tinggi dengan tata kelola kelembagaan menjadi good university governance tetap menjadi pegangan," ucapnya.

Ia menambahkan agar LLDIKTI Wilayah X terus melakukan pembinaan di bidang mutu, mendorong terwujudnya kerja sama serta memfasilitasi STKIP PGRI Sumatera Barat dalam upaya perubahan bentuk menjadi universitas.

Hal serupa juga disampaikan Ketua BPH STKIP PGRI Sumatera Barat, Dasrizal. Ia mengucapkan terima kasih kepada LLDIKTI Wilayah X atas bantuan dan kerja sama yang baik yang sudah terjalin dalam membangun mutu.

“Terima kasih atas bantuan LLDIKTI Wilayah X. Kritikan maupun saran menjadi catatan kami dalam upaya membangun budaya mutu di STKIP PGRI Sumatera Barat,” ucap Dasrizal.

Sementara itu, Ketua STKIP PGRI Sumatera Barat Prof. Dr. Ansofino menjelaskan bahwa 7 program studi pada April 2021 akan reakreditasi. Nilai akreditasinya sudah baik sekali dengan bobot nilai mendekati akreditasi unggul. Selain itu, 2 program studi baru STKIP PGRI Sumatera Barat akan divisitasi BAN-PT dan 1 program studi sedang menunggu penilaian BAN-PT.

Tujuh prodi sudah terakreditasi baik sekali dengan skor mendekati bobot penilaian akreditasi unggul atau A. 2 prodi baru akan dikunjungi BAN-PT dalam waktu dekat untuk proses akreditasi dan 1 prodi menunggu penilaian.

"Ini menjadi salah satu poin unggulan dalam pengajuan perubahan bentuk STKIP PGRI Sumatera Barat menjadi univeritas,” terang Prof Ansofino.

Selain itu, pengembangan sistem pembelajaran online terus dikembangkan dan dilaksanakan secara optimal serta peningkatan kinerja dosen di bidang penelitian.

“Mohon dukungan LLDIKTI Wilayah X dan Ketua Umum PB PGRI kepada STKIP PGRI Sumatera Barat untuk terus membangun budaya mutu, menciptakan good university governance serta membangun kapital sosial di STKIP PGRI Sumatera Barat,” tutup Prof. Ansofino.