Wawako Solok harapkan pengadaan BLK tingkatkan kompetensi tenaga kerja

id berita solok,berita sumbar,blk

Wawako Solok harapkan pengadaan BLK tingkatkan kompetensi tenaga kerja

Wawako Solok, Ramadhani Kirana Putra menghadiri peresmian gedung workshop BLK Komunitas Pondok Pesantren (Ponpes) Waratsatul Anbiya', Ampang Kualo, Kelurahan Kampung Jawa, Kota Solok, Sumbar. (Antarasumbar/HO)

Semoga dengan adanya BLK diharapkan nantinya jebolan pesantren tidak hanya terdepan dalam bidang ilmu agama, namun juga dalam ilmu penguasaan teknologi dan keterampilan lainnya,
Solok (ANTARA) - Wakil Wali Kota (Wawako) Solok, Sumbar, Ramadhani Kirana Putra mengharapkan pengadaan Balai Latihan Kerja (BLK) di kota itu dapat dijadikan sebagai langkah efektif mengatasi pengangguran dan meningkatkan kompetensi tenaga kerja ke depannya.

"Dengan hadirnya BLK Komunitas ini, diharapkan para santri dan siswa lembaga pendidikan keagamaan serta masyarakat di sekitarnya, mendapatkan akses pelatihan kerja yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja lokal," ujar Ramadhani di Solok, Kamis.

Ia menyampaikan hal itu saat menghadiri peresmian gedung workshop BLK Komunitas Pondok Pesantren (Ponpes) Waratsatul Anbiya', Ampang Kualo, Kelurahan Kampung Jawa, Kota Solok, Sumbar.

"Semoga dengan adanya BLK diharapkan nantinya jebolan pesantren tidak hanya terdepan dalam bidang ilmu agama, namun juga dalam ilmu penguasaan teknologi dan keterampilan lainnya," ucap dia.

Ramadhani juga mengatakan BLK Komunitas merupakan suatu unit atau fasilitas pelatihan vokasi yang didirikan di lembaga keagamaan seperti pondok pesantren, seminari, dhammasekha, pasraman, dan komunitas lainnya.

BLK komunitas ini berfungsi untuk menyelenggarakan pelatihan kompetensi atau keahlian guna memberikan keterampilan kerja kepada siswa dan komunitas masyarakat di sekitar lembaga, sesuai dengan kebutuhan dunia kerja atau mendorong untuk berwirausaha.

Selain itu, ia mengatakan terobosan ini bertujuan untuk melengkapi keahlian dan pendidikan karakter di lembaga pendidikan keagamaan dengan tambahan keterampilan.

Pendirian BLK Komunitas adalah upaya meningkatkan sebaran lembaga pelatihan kerja, serta mendekatkan akses pelatihan kepada masyarakat atau komunitas.

Balai Latihan Kerja dapat menjadi langkah efektif dalam mengatasi permasalahan pengangguran dan meningkatkan kompetensi tenaga kerja di daerah.

Di samping itu, Anggota Komisi IX DPR RI, Darul Siska yang juga hadir saat peresmian BLK Komunitas mengharapkan ke depannya BLK tersebut dapat berfungsi dengan baik. "Komplit sudah lulusan waratsatul Anbiya' untuk siap terjun ke masyarakat," ujarnya.

Ia juga mengatakan saat ini pemerintah melalui Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi sedang menggalakkan pembangunan BLK Komunitas sebanyak-banyaknya. BLK Komunitas disiapkan untuk anak didik generasi penerus yang berkompeten dan berpotensi untuk terjun ke masyarakat.

"Apalagi, disaat situasi pandemi COVID-19. Banyak masyarakat yang pengangguran karena di PHK, diharapkan dengan banyaknya BLK Komunitas akan dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri," katanya.